Bupati jelaskan penyaluran ribuan bansos rawan pangan di Barsel

id Pemkab barsel, barito selatan, buntok, bupati barsel, eddy raya samsuri, bansos, bantuan sosial, sembako

Bupati jelaskan penyaluran ribuan bansos rawan pangan di Barsel

Bupati Barito Selatan, Eddy Raya Samsuri menyerahkan paket bansos secara simbolis kepada Camat Dusun Selatan. (ANTARA/Bayu Ilmiawan)

Buntok (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah menyalurkan sebanyak 10.865 paket bantuan sosial (Bansos) rawan pangan kepada masyarakat di wilayah setempat.

Bupati Barito Selatan, Eddy Raya Samsuri di Buntok, Senin mengatakan, bansos tersebut disalurkan kepada masyarakat yang tersebar di enam kecamatan.

"Sasarannya adalah masyarakat berstatus orang dalam pemantauan (ODP), keluarga dari pasien dalam pengawasan (PDP), serta keluarga yang terkonfirmasi positif COVID-19," katanya.

Selain itu, ia menjelaskan, bantuan tersebut juga diserahkan kepada masyarakat terdampak yang kurang mampu, baik miskin yang sudah lama maupun yang baru.

Penerima bansos tersebut datanya sesuai dengan yang telah terverifikasi pada sekretariat bersama yang melibatkan camat dan kepala desa maupun lurah.

Untuk masyarakat yang berstatus ODP dan keluarga dari PDP, serta keluarga yang terkonfirmasi positif terdata sebanyak 165 orang dan bantuan telah disalurkan sebanyak 12 paket ke Kecamatan Gunung Bintang Awai dan 30 paket di Dusun Selatan dan sisanya di Kecamatan Jenamas dan Dusun Hilir.

"Penyaluran bansos rawan pangan dampak pandemi COVID-19, diharapkan membantu sekaligus mengurangi beban masyarakat yang terdampak dan semoga bisa dimanfaatkan untuk keperluan sehari-hari," harap bupati.

Dalam kesempatan ini juga ia meminta dan mengajak aparat hukum membantu dan mengawasi jalannya penyaluran bansos, sehingga tepat sasaran serta semua berjalan lancar sesuai harapan bersama.

Kepada tim yang tergabung dalam sekretariat bersama diminta bekerja sama dengan baik dan disiplin, dalam menjalankan tugas agar semua paket tersalurkan dengan baik dan tepat sasaran.

"Saya minta kepada camat, kepala desa dan lurah dapat menyampaikan kendala-kendala yang dihadapi di lapangan dan mengoordinasikannya dengan sekretariat bersama, agar semua tertangani dengan baik," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Barito Selatan, Dekma mengatakan, penerima bantuan bukan mereka penerima Program Keluarga Harapan (PKH), BPNT, BLT Dana Desa dan kartu pra kerja.

"Setiap paket bansos tersebut terdiri dari beras, sarden, minyak goreng dan gula pasir, serta penyaluran bantuan dilaksanakan secara bertahap dan ada juga yang disalurkan secara sekaligus," ungkapnya.

Jumlah paket bansos di Kecamatan Dusun Selatan sebanyak 4.147 paket yang disalurkan secara bertahap melalui jalur darat dan 306 paket melalui jalur sungai akan didistribusikan secara sekaligus.

Bansos di Kecamatan Dusun Utara sebanyak 1.004 paket yang didistribusikan melalui jalur sungai secara bertahap, dan 162 paket akan didistribusikan melalui jalur darat secara sekaligus.

Untuk Kecamatan Gunung Bintang Awai akan disalurkan sebanyak 2.005 paket yang penyalurannya dilakukan secara bertahap. Begitu juga di Kecamatan Karau Kuala sebanyak 1.793 paket yang didistribusikan secara bertahap, sedangkan bansos di Kecamatan Jenamas sebanyak 796 paket dan di Kecamatan Dusun Hilir sebanyak 472 paket.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar