Trek karting dibuka untuk latihan para pebalap MotoGP

id trek karting,sirkuit andorra,latihan pebalap motogp

Trek karting  dibuka untuk latihan para pebalap MotoGP

Trek karting Sirkuit Pas de la Casa, Andorra (MotoGP.com)

Jakarta (ANTARA) - Sirkuit Pas de la Casa Andorra, yang terletak di perbatasan Spanyol dan Prancis, pada Rabu membuka fasilitas trek karting yang mereka miliki untuk digunakan oleh sejumlah bintang MotoGP dan pebalap motor profesional berlatih.

Pemerintah Andorra bekerja sama Menteri Olahraga, Ekonomi dan Kesehatan Spanyol, mengizinkan para pebalap berlatih berbarengan dengan penerapan fase kedua rencana pembukaan kembali imbas pandemi COVID-19 oleh pemerintah setempat.

"Manajemen yang sangat baik terhadap krisis kesehatan dari Pemerintah Andorra telah memungkinkan 22 pebalap motor profesional, sembilan di antaranya dari MotoGP, yang tinggal di Andorra bisa kembali mengendarai sepeda motor dan melanjutkan latihan pada Rabu 13 Mei," demikian laman resmi MotoGP, Rabu.

Para pebalap yang bertarung di kelas MotoGP, Moto2, Moto3, WorldSBK, dan atlet profesional lainnya dibagi ke dalam dua kelompok untuk menghindari tak lebih dari 10 pebalap yang berlatih secara bersamaan, mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan.

Grup satu terdiri dari Maverick Viñales (Monster Energy Yamaha MotoGP), Alex Rins (Team Suzuki Ecstar), Joan Mir (Team Suzuki Ecstar), Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT), Pol Espargaro (Red Bull KTM Factory Racing), Aleix Espargaro (Aprilia Racing Team Gresini), Tito Rabat (Reale Avintia Racing), Jorge Martin (Red Bull KTM Ajo) dan Albert Arenas (Aspar Team Gaviota).

Sedangkan di grup dua, ada John McPhee (Petronas Sprinta Racing), Xavier Simeon (LCR E-Team), Xavi Cardelus (Avintia Esponsorama Racing), Chaz Davies, Xavi Fores, Leon Camier, Jules Cluzel, Hector Barbera, Randy de Puniet, Freddie Foret and Michael Fudala.

Sementara itu Italia juga telah melonggarkan aturan pembatasan wilayah mereka sehingga pebalap MotoGP seperti Valentino Rossi dan Andrea Dovizioso bisa kembali berlatih di trek.

Setelah dua bulan karantina, Rossi kini telah membuka motoranchnya di Tavullia, di mana ia bisa membalap di sirkuit tanah itu bersama Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) dan Luca Marini (SKY Racing Team VR46).

Sedangkan duet pebalap Ducati Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci kembali membalap bersama lagi, setelah terakhir kali mereka berdua menjalani tes Qatar, kali ini di trek motocross di Crossdromo Monte Coralli yang berada tak jauh dari kota Feanza, Italia.