Memasuki musim kemarau, DPRD Seruyan minta pemkab waspadai karhutla

id Ketua DPRDKabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Zuli Eko Prasetyo ,Kalteng,DPRD Seruyan,Kabupaten Seruyan,Karhutla,antisipasi karhutla di seruyan,kema

Memasuki musim kemarau, DPRD Seruyan minta pemkab waspadai karhutla

Ketua DPRD Seruyan Zuli Eko Prasetyo saat mengikuti Rakor Penanganan Karhutla melalui video concerence di ruang kerjanya, Kamis (4/6/2020).ANTARA/Radianor Area lampiran

Kuala Pembuang, Seruyan (ANTARA) - Ketua DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Zuli Eko Prasetyo mengingatkan pemerintah setempat bahwa sebentar lagi akan memasuki musim kemarau, sehingga perlu ada persiapan dan langkah-langkah mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Pemkab Seruyan dari sekarang harus sudah melakukan penanganan lebih maksimal di wilayah-wilayah yang berpotensi terjadinya karhutla, kata Eko saat dihubungi di Seruyan, Kamis.

"Data lokasi rawan karhutla kan sudah ada dari tahun-tahun sebelumnya. Jadi, di situ yang perlu dilakukan penanganan maksimal," tambahnya.

Menurut Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu, wilayah yang rawan terjadi karhutla harus dilakukan pengawasan yang serius, sehingga tidak terjadi kebakaran lagi seperti di tahun sebelumnya. Kejadian yang lalu perlu di jadikan pembelajaran untuk mengatasi hal tersebut.

"Kerhutla tahun-tahun sebelumnya kita ambil hikmahnya. Kita bisa tahu dimana daerah yang rawan dan tidaknya, sehingga untuk memudahkan kita dalam menangani dan mengantisipasi kebakaran tersebut," kata Eko.

Baca juga: Begini sikap Partai Nasdem Seruyan terkait penangkapan terhadap anggotanya

Dia mengatakan penanganan karhutla ini harus bersama-sama, baik dari pemerintah daerah sampai tingkat desa dan alangkah baiknya Pemkab Seruyan membantu alat kelengkapan untuk penanganan karhutla yang akan di distribusikan ke desa-desa yang dinilai rawan kebakaran tersebut.

"Alat kelengkapan itu sangat penting untuk menangani apabila terjadinya kebakaran di daerah tersebut. Jadi wilayah yang rawan terjadi karhutla lebih mudah untuk diatasi," ungkap Eko.

Wakil rakyat Kabupaten Seruyan itu pun mengimbau kepada semua pihak  baik masyarakat, perusahaan diwilayah hutan untuk sama-sama menjaga, jangan sampai terjadi karhutla, dari awal harus diantisipasi jangan sampai terjadi seperti tahun sebelumnya.

"Saya harap pihak perusahaan juga harus ikut andil dalam mencegah ataupun menangani karhutla di wilayahnya masing-masing, kalau perlu mereka menyediakan alat kelengkapan pemadaman, sehingga apabila terjadi kebakaran di wilayahnya bisa ditangani lebih cepat," demikian Eko.

Baca juga: Seorang anggota terlibat kasus narkoba, ini respon Ketua DPRD Seruyan

Baca juga: Bupati Seruyan minta jangan ada PHK selama pandemi COVID-19

Baca juga: Pemerintah desa diharapkan cermat gunakan ADD untuk penanganan COVID-19

Baca juga: Gelar tes massal, Pemkab Seruyan pesan 1.000 rapid test COVID-19