Legislator minta pedagang Pasar Besar terapkan protokol kesehatan

id Legislator minta pedagang Pasar Besar terapkan protokol kesehatan, DPRD kota Palangka Raya, Nenie, Virus Corona, COVID-19

Legislator minta pedagang Pasar Besar terapkan protokol kesehatan

Legislator Kota Palangka Raya Nenie Adriati Lambung. ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi

Palangka Raya (ANTARA) - Legislator Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah Nenie Adriati Lambung meminta pedagang dan pengunjung Pasar Besar menerapkan protokol kesehatan yang sudah dianjurkan oleh pemerintah ketika beraktivitas.

"Kunci agar tidak ada transmisi lokal atau kluster Pasar Besar lagi, pedagang dan pengunjung wajib menerapkan protokol kesehatan salah satunya menggunakan masker dan perbanyak mencuci tangan," kata Nenie di Palangka Raya, Rabu.

Pasca dilakukan penyemprotan massal desinfektan di kawasan pasar besar, hari ini aktivitas Pasar Besar kembali dibuka seperti hari-hari sebelumnya.

Nenie mengingatkan pedagang dan pengunjung pasar serta masyarakat sekitar agar setiap kali beraktivitas, menerapkan pola hidup sehat dan protokol kesehatan. Jika itu dilakukan secara disipilin, dipastikan bahwa mereka tidak akan terpapar COVID-19.

"Yang jelas, lakukan pola hidup sehat, hindari berkontak badan langsung dengan orang. Kemudian gunakan alat pelindung diri (APD) setidaknya kita sudah berusaha melindungi diri dari virus yang bisa membahayakan nyawa manusia tersebut," ucap Nenie.

Ketua Komisi B yang membidangi Pembangunan Infrastruktur dan Perekonomian itu mengapresiasi kinerja pemerintah kota bersama TNI dan Polri yang sudah melakukan penyemprotan massal desinfektan di kawasan Pasar Besar.

Selain itu, petugas yang tergabung di tim Gugus Tugas Penanggulangan Penanganan COVID-19 Kota Palangka Raya tidak henti-hentinya mensosialisasikan mengenai bahaya wabah tersebut.

"Mereka petugas yang tergabung di tim Gugus Tugas Penanggulangan Penanganan COVID-19 itu sudah maksimal bekerja. Bahkan, ada beberapa anggotanya yang sampai dinyatakan positif COVID-19 karena tertular saat bertugas untuk berjaga di kawasan Pasar Besar," ungkapnya.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang PDIP Kota Palangka Raya itu juga berdoa semoga persoalan pandemi COVID-19 yang melanda daerah dunia saat ini bisa segera berakhir.

"Doa kami semoga persoalan ini segera berakhir, sebab tim yang sudah ditugaskan terus berusaha untuk menanggulangi persoalan itu," demikian Nenie.

Baca juga: Kapolda-Danrem 102/Pjg pastikan kesiapan sarana prasarana penanggulangan karhutla di Kalteng

Baca juga: Begini cara Polda Kalteng cegah karhutla hingga hadapi COVID-19