Kesalahan yang sering dilakukan saat memasak

id Memasak,kesalahan masak,Kesalahan yang sering dilakukan saat memasak

Kesalahan yang sering dilakukan saat memasak

Ilustrasi (Shutterstock)

Jakarta (ANTARA) - Tidak peduli berapa banyak acara memasak yang Anda tonton atau tips memasak yang Anda baca, terkadang hidangan kreasi Anda tidak sesuai dengan yang dibuat para profesional.

Sebagian chef berpendapat, ada kesalahan mendasar yang biasanya dilakukan orang saat mengolah makanan mereka sehingga masakan yang tersaji tak selezat seharusnya.

Baca juga: Ciri telur yang sehat dikonsumsi

Apa saja kesalahan itu? Berikut enam di antaranya seperti dilansir Real Simple:

1. Tidak gunakan pisau tajam 

Pisau tajam suatu keharusan sementara pisau tumpul sebenarnya yang paling merusak. Belilah satu pisau sekaligus alat untuk mengasahnya demi meningkatkan masakan Anda, kata Chef Karen Akunowicz, pemilik dan Executive Chef of Fox & the Knife, Boston, Amerika Serikat.

2. Pakai herba segar daripada yang kering 

Gunakan herba segar bila memungkinkan. Segenggam kemangi segar atau ketumbar dapat mengubah hidangan sepenuhnya. Jika Anda menggunakan herba kering, pastikan tidak menyimpannya terlalu lama.
Oregano yang telah disimpan di lemari Anda selama bertahun-tahun tidak akan menambahkan apa pun ke dalam hidangan, menurut Karen.

“Rempah-rempah benar-benar kehilangan rasanya dari waktu ke waktu dan tidak sesuai dengan yang seharusnya. Bawang putih dan bawang bombay juga," kata Karen.

3. Masukkan bumbu hanya di akhir memasak 

Seringkali, Anda tidak membumbui hidangan sampai akhir. Bumbu yang Anda gunakan yakni garam dan merica tips terpenting. Sebaiknya, lakukan yang sama untuk rempah-rempah.

4. Andalkan makanan olahan 

Membeli bahan segar sangatlah penting. Banyak orang mengira membeli makanan siap saji cara yang tepat. Chef Michael Glazier, Executive Chef of A’Vert Brasserie, West Hartford, mengatakan, membeli makanan dalam bentuk mentah adalah satu-satunya cara untuk menjamin makanan yang Anda beli segar.

5. Daging terlalu matang 

Begitu banyak orang memanggang atau memasak ayam sampai menjadi hangus. Belilah termometer daging yang bagus dan ketahui berapa suhu untuk memasak ayam, steak, daging, dan lainnya.

Selain itu, selalu diamkan dulu daging setidaknya selama 10 menit setelah selesai dimasak, kata Chef Michael.

6. Tidak ikuti resep 

Kesalahan umum yang dilakukan koki rumahan saat memasak yakni melewatkan langkah-langkah, seperti memasukkan kue ke dalam oven sebelum oven sepenuhnya dipanaskan dulu ke suhu yang ditentukan.

"Mengikuti langkah-langkah resep yang tepat di dunia pasti sangat penting dan kunci keberhasilan suguhan lezat. Jika di resepnya tertulis untuk memanaskan oven atau memanggang pada suhu tertentu, ini adalah langkah yang sangat penting yang harus diambil," ujar Executive Pastry Chef Rabii Saber, Four Seasons Resort Orlando, Walt Disney World Resort.