AHY umumkan Demokrat usung Halikinnor-Irawati

id AHY umumkan Demokrat usung Halikinnor-Irawati, pilkada Kotim, Sampit, Halikinnor-Irawati, Kotim, Kotawaringin Timur

AHY umumkan Demokrat usung Halikinnor-Irawati

Tangkapan layar saat Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengumumkan rekomendasi untuk pasangan Halikinnor-Irawati bertarung dalam Pilkada Kotawaringin Timur, Kamis (27/8/2020). ANTARA/Istimewa

Sampit (ANTARA) - Kejutan muncul dari pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah, Halikinnor dan Irawati yang berhasil mendapatkan rekomendasi dari Partai Demokrat, yang diumumkan langsung oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono.

"Saya Agus Harimurti Yudhoyono selaku Ketua Umum Partai Demokrat menyerahkan surat rekomendasi kepada pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur Provinsi Kalimantan Tengah," ujar Agus seraya menyerahkan surat rekomendasi kepada Halikinnor, Kamis.

Dalam video yang beredar, Agus Harimurti Yudhoyono atau akrab dipanggil AHY menjelaskan, hari ini dirinya menerima kandidat yang akan diusung Partai Demokrat dalam pilkada Kabupaten Kotawaringin Timur Provinsi Kalimantan Tengah yaitu Halikinnor.

Menurutnya, besar harapan semua pihak kepada Halikinnor sebagai calon bupati yang berpasangan dengan Irawati sebagai calon wakil bupati, bisa sukses memenangkan pilkada dengan baik.

Baca juga: Ini alasan Demokrat jatuhkan pilihan ke Halikinnor-Irawati

"Dan jika menjadi pemimpin bisa menjadi pemimpin yang amanah, adil dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Kotawaringin Timur. Itu adalah harapan dan perjuangan kita bersama," ujar AHY.

Penyerahan rekomendasi tersebut dilaksanakan di Jakarta. Dalam video yang berdurasi satu menit itu, Halikinnor berdiri di samping AHY bersama Junaidi yang merupakan pengurus DPD Partai Demokrat Provinsi Kalimantan Tengah.

Ada pula beredar foto bersama Agus Harimurti Yudhoyono atau akrab disapa AHY dengan Halikinnor, Junaidi dan Supian Hadi. Supian Hadi merupakan kader PDIP yang saat ini masih menjabat Bupati Kotawaringin Timur.

Sebelumnya, pasangan Halikinnor dan Irawati sudah mendapatkan rekomendasi dari PDIP. Dengan begitu pasangan ini sudah dalam posisi aman untuk diusung sebagai pasangan calon dalam pilkada nanti.

PDIP memiliki tujuh kursi di DPRD Kotawaringin Timur dan Partai Demokrat memiliki lima kursi. Jumlah tersebut jelas sudah melampaui jumlah minimal syarat mengusung pasangan calon, yaitu minimal delapan kursi. Kabarnya masih ada partai lainnya yang segera bergabung mengusung Halikinnor-Irawati.

Baca juga: Puluhan desa belum dialiri listrik, ini saran DPRD Kotim

Ketua DPC Partai Demokrat Kotawaringin Timur, Parimus menegaskan, pihaknya sudah sepakat untuk mengusung Halikinnor-Irawati di pilkada Kotim. Keputusan itu sudah melalui pertimbangan matang, meski sebelumnya ada sejumlah nama lain yang juga menjadi pertimbangan.

“Ini sudah menjadi keputusan partai dan keputusan bersama. Sebagai kader, kami wajib dan harus mengamankan kebijakan partai itu,” kata Parimus.

Parimus mengakui tidak ada masalah koalisi dengan PDI Perjuangan. Apalagi koalisi terjadi dari tingkat pusat sampai ke daerah sehingga sudah ada kesamaan dan kedekatan.

Sementara itu, selain pasangan Halikinnor-Irawati, pasangan lain yang sudah memproklamirkan diri mereka adalah HM Taufiq Mukri-H Supriadi, Suprianti-Sanidin dan Muhammad Rudini-Samsudin. Namun tensi politik semakin dinamis sehingga tidak menutup kemungkinan masih ada kejutan-kejutan yang akan terjadi.

Baca juga: Legislator Kotim soroti banyak lampu lalu lintas tidak difungsikan

Baca juga: DPRD Kotim kawal penanganan insiden kapal BBM serempet lanting dan kelotok

Baca juga: Kecelakaan kapal Pertamina berulang, DPRD Kotim sebut perlu evaluasi

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar