BPBD Lamandau tinjau daerah terdampak banjir

id Pemkab lamandau, banjir lamandau

BPBD Lamandau tinjau daerah terdampak banjir

Tim BPBD Lamandau tinjau daerah banjir, Senin, (7/9/2020). (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Nanga Bulik (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah terus memantau kondisi banjir yang terjadi di sejumlah daerah di wilayah setempat.

Kepala Pelaksana BPBD Lamandau, Edison Dewel, Senin mengatakan, wilayah banjir yang pihaknya pantau yakni di Kecamatan Batang Kawa dan Belantikan Raya.

"Berdasarkan laporan tim di lapangan, di wilayah Kecamatan Batang Kawa hingga saat ini setidaknya ada enam desa yang sudah terdampak banjir, meliputi Desa Liku, Mangkalang, Kinipan, Karang Mas, Kina dan Jemuat," ungkapnya.

Hingga saat ini tim masih terus memantau dan diperkirakan air akan turun ke sejumlah desa yang berada dibawahnya seperti Batu Tambun, Sungai Tuat serta Tanjung Beringin.

Ia menjelaskan, saat ini jumlah warga terdampak banjir belum bisa dipastikan. Namun jika dilihat dari jumlah penduduk yang bertempat tinggal di desa terdampak banjir, diperkirakan bisa mencapai ratusan kepala keluarga.

"Info saat ini Desa Mangkalang terdata sebanyak 25 KK rumahnya terendam banjir. Diperkirakan Desa Kina 100 KK lebih, Karang Mas 60 KK dan Jemuat sekitar 50 KK," jelasnya.

Kondisi banjir yang melanda wilayah Kecamatan Batang Kawa dan Belantikan Raya kali ini juga telah tersebar di media sosial. Menyikapi kekhawatiran warga, khususnya yang ada di Kecamatan Bulik, Edison mengimbau masyarakat agar tidak panik.

"Masyarakat jangan panik namun harus tetap waspada, serta jangan melakukan aktivitas di sungai," ungkapnya.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar