Ajak generasi muda maknai hari pancasila dengan mengisi pembangunan

id Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Sigit K Yunianto ,Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah,Kalteng,DPRD Palangka Raya,DPRD Kot

Ajak generasi muda maknai hari pancasila dengan mengisi pembangunan

Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah Sigit K Yunianto. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Sigit K Yunianto menyatakan bahwa perayaan hari Kesaktian Pancasila menjadi momentum membangkitkan rasa nasionalisme dan patriotisme, sekaligus sebagai wahana untuk membangun kebersamaan merajut bhineka tunggal ika.

"Pengalaman nilai luhur Pancasila tentunya bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, hal tersebut tentunya penting untuk mewujudkan masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera," kata Sigit di Palangka Raya, Kamis.

Menurut dia, generasi muda harus siap dan mampu dalam hal daya saing, mengingat 1 Oktober itu merupakan tonggak keberhasilan para negarawan dan pahlawan untuk memajukan negara dan suatu daerahnya.

Politisi PDI Perjuangan ini menegaskan, para generasi muda perlu diberikan ruang gerak dan inovasi untuk berkarya. sehingga berkontribusi aktif mengisi pembangunan di semua sektor. Sebab, mengembangkan kemajuan Indonesia tentunya bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan kekompakan.

"Selanjutnya, ke depannya bagaimana kita lebih erat dan menjiwai butir-butir Pancasila. Harus lebih teliti menerima paham-paham yang muncul di era modern ini serta lebih meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan," ungkapnya.

Baca juga: Megawati sebut masih ada pihak pertentangkan Pancasila dan agama

Lebih lanjut orang nomor satu di Lembaga DPRD Kota Palangka Raya tersebut menegaskan, hari Kesaktian Pancasila pada tahun 2020 yang mengusung tema 'Indonesia Maju Berlandaskan Pancasila' itu harus mampu dijadikan momentum masyarakat untuk bersatu di tengah pandemi COVID-19.

"Dengan semangat ingin menang dari COVID-19, maka semua mengambil peran masing-masing untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona," beber Sigit.

Sigit yang juga menjabat sebagai Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Provinsi Kalimantan Tengah menambahkan, masyarakat dan pemerintah dapat bersinergi untuk melawan serta percepatan penanganan Covid-19. Khusus pemerintah, dikatakannya harus menjalankan program 3T yakni testing, tracing dan treatment dalam penanganan COVID-19.

"Sedangkan masyarakat ikut berperan dalam upaya pencegahan COVID-19 melalui gerakan 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan," demikian Sigit.

Baca juga: Menkeu tekankan gotong royong lawan COVID-19 di hari lahir Pancasila

Baca juga: Jokowi: Indonesia harus tampil sebagai bangsa pemenang

Baca juga: Mendagri instruksikan pengibaran Bendera Merah Putih pada 1 Juni

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar