Program Mina Padi diharapkan meningkatkan kesejahteraan petani di Lamandau

id Pemkab lamandau, lamandau, nanga bulik, mina padi lamandau

Program Mina Padi diharapkan meningkatkan kesejahteraan petani di Lamandau

Peluncuran Program Mina Padi di Lamandau, Rabu, (14/10/2020). (ANTARA/Yansyah)

Nanga Bulik (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah meluncurkan Program Mina Padi yang merupakan kombinasi antara budidaya padi dan ikan dalam satu lahan sawah.

"Program yang kami laksanakan melalui Dinas Pertanian dan Perikanan ini, sebagai upaya meningkatkan produktivitas lahan," kata Wakil Bupati Lamandau, Riko Porwanto di Nanga Bulik, Kamis.

Program yang secara resmi diluncurkan pada Rabu (14/10) sore itu, diharapkan memberikan manfaat maupun hasil lebih banyak bagi masyarakat khususnya petani.

Riko meminta agar pihak dinas bersama petani, bisa mengoptimalkan pengembangan program tersebut sehingga pemanfaatannya bisa dilakukan dengan baik dan pada akhirnya mampu meningkatkan kesejahteraan petani.

Menurutnya pemkab selalu mendukung pengembangan program maupun kegiatan yang memiliki nilai manfaat bagi masyarakat.

"Seperti halnya mina padi ini, menjadi salah satu inovasi atau cara bagi petani dalam meningkatkan kesejahteraannya," tuturnya.

Dinas Pertanian dan Perikanan diminta bisa mengembangkan program tersebut dengan baik, serta memetakan masing-masing wilayah agar pengembangan program tersebut bisa dilakukan di berbagai wilayah Lamandau.

Lebih lanjut ia meminta, agar organisasi perangkat daerah (OPD) lainnya terus berinovasi dalam pelayanan maupun upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan daerah pada berbagai sektor.