Masyarakat diminta waspadai berbagai penyakit di musim penghujan

id Dprd palangka raya, palangka raya, ruselita

Masyarakat diminta waspadai berbagai penyakit di musim penghujan

Dokumentasi. Warga melintas di Jalan RTA Milono diguyur hujan di Palangka Raya (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah Ruselita mengingatkan masyarakat mewaspadai potensi berbagai penyakit di saat musim penghujan.

"Tidak ada salahnya mewaspadai munculnya penyakit saat musim penghujan seperti sekarang ini. Salah satunya seperti demam berdarah dengue (DBD)," katanya di Palangka Raya, Sabtu.

Selain DBD, penyakit lainnya yang diakibatkan perubahan cuaca yang begitu cepat juga harus diwaspadai.

Peningkatan kewaspadaan akan menurunkan potensi masyarakat terkena berbagai penyakit yang rentan menyerang sistem imun tubuh pada musim seperti saat ini.

"Kewaspadaan itu, yakni diterapkan dengan mengonsumsi vitamin mapun makanan sehat yang memenuhi kebutuhan gizi, sehingga sistem kekebalan imun tubuh terjaga dengan baik," jelas Ruselita.

Anggota Komisi B DPRD Palangka Raya itu mengatakan, jangan sampai dalam kondisi seperti sekarang ini sistem imun tubuh masyarakat terabaikan sehingga mengalami penurunan.

Apabila sistem imun tubuh turun, maka dikhawatirkan menjadi lebih berisiko terpapar virus corona yang selama ini sudah menyebar ke seluruh daerah di wilayah Palangka Raya.

"Makanya lebih baik kita mencegah dari pada terserang virus tersebut. Dalam hal ini, masyarakat benar-benar harus memerhatikan asupan dalam tubuh," tambahnya.

Politisi Partai Perindo itu mengimbau kepada masyarakat agar membiasakan diri menjalankan pola hidup sehat dan disiplin menerapkan protokol kesehatan penanganan COVID-19.

Hal itu disarankan agar sistem imun tubuh masyarakat di 'Kota Cantik' sebutan Palangka Raya tidak turun dan tidak mudah terserang penyakit.