Pentingnya PAUD di masa pertumbuhan anak, kata Bupati Lamandau

id Pemkab lamandau, lamandau, nanga bulik, bunda paud, bupati hendra lesmana

Pentingnya PAUD di masa pertumbuhan anak, kata Bupati Lamandau

Bupati Lamandau Hendra Lesmana dalam pengukuhan kelompok kerja Bunda PAUD di Nanga Bulik, Rabu, (4/11/2020). (ANTARA/Ho-Pemkab Lamandau)

Nanga Bulik (ANTARA) - Bupati Lamandau, Kalimantan Tengah Hendra Lesmana mengatakan, keberadaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di masa awal pertumbuhan anak sangatlah penting.

"Karena periode perkembangan pada masa emas hanya terjadi satu kali dalam kehidupan manusia tidak bisa ditunda waktunya," katanya di Nanga Bulik, Kamis.

Dalam kondisi tersebut stimulasi dari lingkungan sangat diperlukan anak guna mengembangkan potensi kecerdasan yang dimiliki.

Untuk itu PAUD bukan hanya menjadi tanggung jawab lembaga PAUD saja, tetapi juga pihak terkait lainnya, seperti instansi pemerintahan yang membidangi.

Pendidikan anak harus benar-benar diperhatikan sejak usia dini, sehingga kebutuhan anak-anak di Lamandau bisa terpenuhi dengan baik.

Sementara itu pada Rabu (4/11) Hendra menghadiri pengukuhan kelompok kerja Bunda PAUD kabupaten setempat.

"Suksesnya Bunda PAUD tergantung pada program yang direncanakan oleh kelompok kerja yang dimiliki," jelasnya.

Ia pun optimis dengan tim yang ada saat ini, akan mampu merumuskan program dan rencana kerja yang menginspirasi PAUD di Lamandau.

Menurutnya Lamandau masih memiliki pekerjaan yang harus diselesaikan, yakni mewujudkan PAUD yang baik dan memiliki kompetensi tinggi.

"Bersama-sama kita wujudkan sistem pendidikan PAUD mumpuni, meletakkan dasar pertumbuhan dan perkembangab kecerdasan anak sejak dini. Anak-anak ini merupakan cikal bakal pemimpin bangsa di masa depan," terangnya.