Amankan pilkada, Polda Kalteng laksanakan pelatihan CRT

id Polda kalteng, kalimantan tengah, pilkada, crt, crisis response team

Amankan pilkada, Polda Kalteng laksanakan pelatihan CRT

Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo memberikan arahan kepada anggotanya yang mengikuti pelatihan CRT di halaman mapolda setempat selama 10 hari, Palangka Raya, Senin, (16/11/2020). (ANTARA/Ho-Humas Polda Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah melaksanakan pelatihan peningkatan kemampuan  'Crisis Response Team' (CRT) bagi para personelnya selama 10 hari di Lapangan Barigas mapolda setempat.

Dalam kegiatan tersebut, Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo, Senin mengatakan, pelatihan diberikan kepada personelnya yang berada di Satuan Kerja (Satker) Intel dan Reserse, agar semakin sigap dan tanggap, serta terlatih menangani pelanggaran pilkada.

"Semoga dengan pelatihan selama 10 hari ini menjadikan personel Polda Kalteng lebih terlatih, serta siap mengamankan jalannya pilkada di provinsi setempat," katanya.

Dalam kegiatan tersebut Kapolda Kalteng juga memberikan arahan secara langsung kepada peserta pelatihan yang terdiri dari personel Dit Intelkam, Ditreskrimum, Ditreskrimsus dan Ditresnarkoba.

Selain mendapatkan pelatihan CRT selama 10 hari, para personel juga diminta senantiasa membiasakan diri menerapkan protokol kesehatan saat menjalankan tugas.

"Utamakan keselamatan atau kesehatan personel terlebih dulu, sehingga ketika melaksanakan pengamanan pilkada bisa berjalan lancar dan tanpa adanya gangguan apapun," kata jenderal berpangkat bintang dua itu.

Pria yang pernah menjabat sebagai Karobinkar SSDM Polri itu, juga mengarahkan personelnya yang terlibat pengamanan pesta demokrasi lima tahunan tersebut, bekerja maksimal mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Lebih lanjut, tersebarnya personel kepolisian di Tempat Pemungutan Suara (TPS), serta di beberapa tempat rawan, bertujuan meminimalisir terjadinya hal yang tidak diinginkan terjadi.

"Saya yakin pengamanan proses pilkada sampai hari H akan berjalan dengan lancar karena personel sudah dipersiapkan untuk mengamankan," ucap Dedi.

Ditegaskannya, dalam melakukan pengamanan, kepolisian juga bekerja sama dan dibantu instansi atau lembaga lainnya, serta masyarakat.

"Kepada masyarakat mari bantu aparat menyukseskan jalannya Pilkada Kalteng," tegasnya.