TPS3R diharapkan bantu penanganan sampah di Lamandau

id Pemkab lamandau, lamandau, nanga bulik, bupati lamandau hendra lesmana, tempat pengolahan sampah, tps 3r

TPS3R diharapkan bantu penanganan sampah di Lamandau

Bupati Lamandau Hendra Lesmana menandatangani prasasti peresmian TPS3R di Desa Purwareja, Kecamatan Sematu Jaya, Senin, (23/11/2020). (ANTARA/Yansyah)

Nanga Bulik (ANTARA) - Bupati Lamandau, Kalimantan Tengah Hendra Lesmana mengharapkan, keberadaan tempat pengolahan sampah 'reduce, reuse dan recycle' (TPS3R) membantu mengatasi permasalahan sampah di wilayah setempat.

"Kami berharap TPS3R membantu dalam penanganan dan pengurangan sampah di Lamandau," katanya di Nanga Bulik, Rabu.

Baru-baru ini pihaknya meresmikan sekaligus melakukan serah terima pekerjaan TPS3R Maju Makmur di Desa Purwareja, Kecamatan Sematu Jaya.

Sebelumnya desa ini melakukan pengangkutan sampah secara mandiri dan usai peresmian tersebut, diharapkan pihak terkait dapat mengelola maupun mengolah sampah secara optimal.

Hendra memaparkan, pelaksanaan tahapan implementasi strategi sanitasi kabupaten merupakan bagian Program Percepatan Pembangunan Sanitasi Permukiman oleh pemerintah pusat.

Tujuannya untuk mempercepat pembangunan bidang sanitasi dan pemenuhan capaian target 'sustainable development goal' 2030.

"Menindaklanjutinya, pemkab mengirim surat pernyataan berminat dan bersedia menerima hibah pekerjaan untuk pelaksanaan pembangunan TPS3R," jelasnya.

Hal itu dilakukan mengingat pembangunan dan keberadaan TPS3R dapat membantu pengelolaan sampah di wilayah Lamandau.

Pihaknya juga berharap kesadaran semua pihak dalam pengelolaan sampah, diantaranya agar tidak membuangnya secara sembarangan. Hendaknya sampah dibuang pada tempat yang sudah disediakan dan sesuai ketentuan yang berlaku.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar