Pengembangan kolaborasi Pamsimas Danau Bambure melalui BUMDes

id Pemkab barsel, barsel, buntok,danau bambure

Pengembangan kolaborasi Pamsimas Danau Bambure melalui BUMDes

Danau Bambure, Kecamatan Dusun Utara, Barito Selatan.ANTARA/HO-DSPMD Barito Selatan

Buntok (ANTARA) - Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di Kabupaten Barito Selatan Kalimantan Tengah, dilaksanakan di Desa Danau Bambure, Kecamatan Dusun Utara.

Kabid Penataan dan Kerrjasama Desa pada DSPMD Barito Selatan, Juharnita di Buntok, baru-baru ini mengatakan, Pamsimas di desa ini sudah berjalan dengan baik dan sambungan air bersihnya sudah teraliri 100 persen kepada 95 kepala keluarga (KK) yang ada di desa tersebut.

Usai Program Pamsimas ini berakhir pada 2021 mendatang, maka pengembangannya akan diserahkan Kementerian PU kepada Kementerian Desa dan PDTT.

Dalam pengembangan kolaborasinya ada tiga pilihan yakni dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Corporate Social Responsibility (CSR) dan Lembaga Keuangan Mikro (LKM).

"Untuk Desa Danau Bambure memilih kolaborasinya dengan BUMDes yang sudah berdiri sejak 2016 lalu dan melalui BUMDes ini nantinya akan dikelola menjadi usaha air minum," jelasnya.

Dengan adanya kolaborasi itu lanjut dia, kedepannya Desa Danau Bambure bisa memproduksi air mineral kemasan seperti yang dijual di pasaran.