PDIP : Sugianto-Edy menang di Barito Selatan

id Pdip barsel, farid yusran, sugianto-edy, pilkada kalteng

PDIP : Sugianto-Edy menang di Barito Selatan

Ketua DPC PDIP Barito Selatan, HM Farid Yusran, Kamis, (10/12). (ANTARA/Bayu Ilmiawan)

Buntok (ANTARA) - Berdasarkan data C1-KWK yang dikumpulkan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Barito Selatan, pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran dan Edy Pratowo menang di wilayah kabupaten setempat.

Ketua DPC PDIP Barito Selatan, Farid Yusran di Buntok, Kamis mengatakan, hasil rekapitulasi penghitungan suara berdasarkan data C1-KWK yang terkumpul hingga Kamis (10/12) pukul 11.00 WIB, pasangan calon nomor urut 2, Sugianto Sabran-Edy Pratowo menang.

"Untuk pasangan nomor urut 1 memperoleh sebanyak 29.041 suara atau 48,66 persen, sedangkan pasangan nomor urut 2 Sugianto Sabran dan Edy Pratowo unggul dengan meraih 30.640 suara atau 51,34 persen," katanya.

Berdasarkan data yang terkumpul tersebut, perolehan suara pasangan calon nomor urut 2, Sugianto Sabran-Edy Pratowo menang di empat kecamatan, sedangkan perolehan suara Ben Brahim-Ujang Iskandar hanya mampu unggul di dua kecamatan saja.

"Pasangan nomor urut 2 menang di Kecamatan Jenamas, Dusun Hilir, Karau Kuala dan di Dusun Selatan, sementara pasangan calon nomor urut 1 hanya menang di Kecamatan Gunung Bintang Awai dan Dusun Utara," ucap Farid Yusran.

Ia menjelaskan, di Jenamas paslon nomor urut 1 memperoleh 1.536 suara dan paslon nomor urut 2 meraih 2.567 suara, serta Dusun Hilir, perolehan suara paslon nomor urut 2 unggul dengan meraih 4.312 suara dan paslon nomor urut 1 hanya mampu mengumpulkan sebanyak 3.049 suara.

Begitu juga perolehan suara di Karau Kuala lanjut dia, Ben Brahim-Ujang Iskandar hanya memperoleh 3.010 suara dan Sugianto Sabran-Edy Pratowo menang dengan memperoleh 4.414 suara.

"Di Karau Kuala, Sugianto Sabran-Edy Pratowo menang dengan selisih 1.404 suara," tambah Farid Yusran yang juga Ketua DPRD Barito Selatan ini.

Demikian halnya untuk Dusun Selatan, paslon Ben Brahim-Ujang Iskandar hanya memperoleh 12.366 suara, sementara Sugianto Sabran-Edy Pratowo menang dengan memperoleh 13.424 suara.

Sedangkan di Gunung Bintang Awai paslon Ben Brahim-Ujang Iskandar menang dengan perolehan 5.405 suara dan Sugianto Sabran-Edy Pratowo memperoleh 3.733 suara.

"Pada Kecamatan ini perolehan suara Sugianto Sabran-Edy Pratowo kalah dengan paslon nomor urut 1 Ben Brahim- Ujang Iskandar dengan selisih sebanyak 1.672 suara," jelasnya.

Untuk Kecamatan Dusun Utara, paslon Sugianto Sabran-Edy Pratowo juga mengalami kekalahan dari paslon Ben Brahim-Ujang Iskandar. Paslon 1 memperoleh 3.675 suara dan paslon 2 memperoleh 2.190 suara.

Berdasarkan data C1-KWK yang dihimpun DPC PDIP Barito Selatan tersebut, partisipasi pemilih sebanyak 59.681 atau 62,74 persen dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 95.124 jiwa.

"Total suara secara keseluruhan di enam kecamatan berdasarkan data C1-KWK yang telah masuk dan rampung terkumpul semuanya itu, pasangan calon nomor urut 2, Sugianto Sabran-Edy Pratowo menang di Barito Selatan dengan meraih 51,34 persen suara," demikian Farid Yusran.