Ben-Ujang ungguli petahana Pilkada Kalteng di Palangka Raya

id Ben-ujang,KPU Palangka Raya,Palangka raya,Kalteng,Ben-ujang ungguli petahana Pilkada Kalteng,Pilkada kalteng

Ben-Ujang ungguli petahana Pilkada Kalteng di Palangka Raya

Ketua KPU Kota Palangka Raya Ngismatul Choiriyah (berhijab) menyerahkan berita acara pleno rekapitulasi suara kepada Komisioner Bawaslu Palangka Raya Eko Wahyudi di Palangka Raya, Selasa (15/12/2020). (ANTARA/Rendhik Andika)

Palangka Raya (ANTARA) - Jumlah suara yang diperoleh pasangan Ben Brahim S Bahat-Ujang Iskandar mengungguli pasangan petahana Sugianto Sabran-Edy Pratowo pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah 2020 untuk wilayah Kota Palangka Raya.

"Berdasarkan hasil rapat pleno tingkat Kota Palangka Raya pasangan Ben-Ujang memperoleh 59.274 suara sementara Sugianto-Edy mendapat 51.246 suara atau terjadi selisih 8.028 suara," kata Ketua KPU Kota Palangka Raya Ngismatul Choiriyah usai pleno di Palangka Raya, Selasa.

Dia menerangkan suara pasangan nomor urut 1 Ben-Ujang terdiri dari 16.702 suara di Kecamatan Pahandut, 3.282 suara di Kecamatan Bukit Batu, 33.999 suara di Kecamatan Jekan Raya, 4.103 suara di Kecamatan Sabangau dan 1.188 suara di Kecamatan Rakumpit.

Kemudian untuk pasangan nomor urut 2 Sugianto-Edy suara yang diperoleh berasal dari 20.227 suara di Kecamatan Pahandut, 2.517 suara di Kecamatan Bukit Batu, 23.462 suara di Kecamatan Jekan Raya, 4.606 suara di Kecamatan Sabangau dan 434 suara di Kecamatan Rakumpit.

Sementara itu jumlah suara tidak sah berjumlah 3.055 suara terdiri dari 1.281 di Kecamatan Pahandut, 159 di Kecamatan Bukit Batu, 1.359 di Kecamatan Jekan Raya, 233 di Kecamatan Sabangau dan 23 di Kecamatan Rakumpit.

Wanita berhijab itu menerangkan bahwa hasil rekapitulasi perolehan suara pada Pilkada Provinsi Kalimantan Tengah 2020 telah disepakati pihak terkait yang artinya hasil akhir telah disahkan.

"Untuk itu tahapan Pilkada Provinsi Kalimantan Tengah untuk wilayah Kota Palangka Raya siap dilanjutkan ke level berikutnya yakni rekapitulasi suara di tingkat KPU provinsi," kata Ngismatul.

Pelaksanaan pleno rekapitulasi suara tingkat Kota Palangka Raya yang dilaksanakan di salah satu hotel di Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah itu sendiri berjalan lancar dan aman.

Seluruh rangkaian proses rekapitulasi menjalankan protokol kesehatan seperti menjaga jarak, menggunakan masker dan menyiapkan sarana cuci tangan disertai sabun cuci tangan, menyiapkan hand sanitizer dan memeriksa suhu tubuh bagi setiap orang yang memasuki lokasi acara.

Sementara itu, Kapolresta Palangka Raya Kombes Pol Dwi Tunggal Jaladri mengatakan perhitungan dan penetapan pleno tingkat kota menurunkan ratusan personel gabungan dalam pengamanan.

"Semua aman dan lancar, termasuk situasi kamtibmas di Kota Palangka Raya saat ini," kata Jaladri saat memimpin pengamanan pleno rekapitulasi itu.