Gubernur Sulsel minta semua pihak bantu korban gempa di Majene

id Makassar,Gempa Sulbar,Gubernur Sulsel ,Nurdin Abdullah , Kabupaten Majene,Mamuju,Gempa Mamuju

Gubernur Sulsel minta semua pihak bantu korban gempa di Majene

Sebuah mobil dan bangunan rusak akibat gempa bumi di Mamuju, Sulawesi Barat, Jumat (15/1/2021). BPBD Sulawesi Barat masih mendata jumlah kerusakan dan korban akibat gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,2 tersebut. ANTARA FOTO/Akbar Tado/wsj.

Makassar (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah meminta semua pihak khususnya yang tergabung dalam Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) untuk segera membantu para korban gempa di Majene, Sulawesi Barat (Sulbar).

"Saya langsung koordinasi dengan semua pihak, Pak Panglima Kodam, Pak Danlantamal dan lainnya untuk segera menyiapkan bantuan untuk saudara-saudara kita di Sulbar," ujar Nurdin Abdullah di Makassar, Jumat.

Ia mengatakan, gempa bumi dengan magnitudo 6,2 itu telah merobohkan banyak bangunan dan membuat warga mengalami luka-luka baik ringan maupun berat, bahkan ada yang meninggal dunia.

Baca juga: Kantor Gubernur Sulbar berlantai empat nyaris rata akibat gempa bermagnitudo 6,2

Karena itu, Gubernur langsung merespons bencana alam di Sulbar dengan berkoordinasi dengan semua pihak termasuk pula dengan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan PT Telkom.

Melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Gubernur juga telah meminta agar mempersiapkan segala sesuatunya untuk berkoordinasi dengan pihak Pemprov Sulbar agar segera mendistribusikan bantuan.

Untuk bantuan awal, pihaknya telah mengirimkan beberapa kebutuhan pokok melalui Komandan Lantamal VI karena sedang menyiapkan kapal perangnya (KRI) untuk langsung menuju lokasi bencana.

Baca juga: Tim Basarnas evakuasi korban gempa di Mamuju

"Saya koordinasi dengan pak Danlantamal pagi tadi dan beliau akan mengirimkan kapal perangnya ke Majene. Kami langsung distribusikan kebutuhan pokok untuk awalnya," katanya.

Sebelumnya, gempa magnitudo 6,2 terjadi di wilayah Sulawesi Barat pada Pukul 02.28 Wita, dan telah merobohkan banyak bangunan.

Gempa di Mamuju berpusat enam kilometer timur laut Kabupaten Majene 2.98 LS-118.94 BT pada kedalaman 10 kilometer, juga merusak gedung rumah sakit Mamuju.

Pewarta :
Uploader : Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar