Legislator yakin peternakan Kotim sangat menjanjikan

id Legislator yakin peternakan Kotim sangat menjanjikan, DPRD Kotim, Syahbana, Sampit, Kotim, Kotawaringin Timur

Legislator yakin peternakan Kotim sangat menjanjikan

Wakil Ketua Komisi II DPRD Kotawaringin Timur, Syahbana. ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi

Sampit (ANTARA) - Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah, Syahbana menilai sektor peternakan masih sangat menjanjikan untuk lebih dikembangkan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Seperti kebutuhan daging ayam di daerah ini, sebagian masih didatangkan dari luar daerah. Ini menandakan bahwa permintaan masih tinggi, sekaligus menjadi peluang usaha di bidang peternakan yang masih terbuka lebar," Syahbana di Sampit, Jumat.

Selain ayam, sebagian pemenuhan daging sapi juga masih mengandalkan pasokan dari daerah lain. Hal itu karena produksi ternak oleh peternak lokal belum sepenuhnya memenuhi permintaan.

Ketergantungan pasokan dari daerah luar ini harus menjadi perhatian agar ketahanan pangan terjaga dan kaitannya dengan stabilitas harga. Di sisi lain, ini juga menjadi gambaran masih besarnya peluang pasar bidang peternakan, khususnya untuk memenuhi permintaan di Kotawaringin Timur sendiri.

Syahbana berharap sektor ini menjadi perhatian pemerintah kabupaten. Peternak perlu dukungan agar bisa terus mengembangkan usaha sehingga berdampak terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Kemajuan sektor peternakan akan membawa dampak positif yang luas. Selain bisa memenuhi permintaan di daerah sendiri, dampaknya juga akan membuat harga lebih terjangkau namun tidak sampai merugikan peternak.

Baca juga: Bazar UMKM Jelawat upaya bangkitkan UMKM Kotim

Selama ini dengan mengandalkan pasokan ternak dari luar daerah, harga bisa naik tinggi dalam waktu singkat jika pasokan terganggu. Jika peternak lokal sudah mampu memenuhi seluruh permintaan maka kondisi seperti itu bisa dicegah.

Untuk itulah pemerintah daerah diharapkan memberi bantuan seperti bibit ternak, pakan dan lainnya. Harapannya agar peternak bisa mengembangkan usaha dan meningkatkan produksi sehingga bisa berdampak terhadap kesejahteraan mereka.

"Misalnya dalam pengadaan tahun 2021 pemerintah bisa mengadakan 20 ribu bibit ayam. Berikan kepada kelompok masyarakat atau kelompok petani untuk dikelola dan dikembangkan," harap Syahbana.

Mendukung usaha peternakan juga akan menjadi bagian dalam upaya pemerintah mempercepat pemulihan ekonomi masyarakat di tengah pandemi COVID-19. Syahbana optimistis sektor peternakan bisa menjadi salah satu potensi untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kotawaringin Timur.

Baca juga: DPRD Kotim minta kerusakan jalan dalam kota segera diperbaiki

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar