Ketua DPRD Gumas berharap pers bantu perangi hoaks

id DPRD Gumas,gunung mas,Ketua DPRD Gumas berharap pers bantu perangi hoaks

Ketua DPRD Gumas berharap pers bantu perangi hoaks

Ketua DPRD Kabupaten Gumas Akerman Sahidar. (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Ketua DPRD Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Akerman Sahidar mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional (HPN) kepada insan pers, khususnya yang ada di kabupaten itu.

“Saya harap HPN menjadi momentum bagi insan pers untuk mencerdaskan masyarakat, khususnya dalam memerangi hoaks atau informasi bohong,” ucapnya saat dihubungi dari Kuala Kurun, Selasa.

Dia menyebut, selama ini insan pers di kabupaten bermotto Habangkalan Penyang Karuhei Tatau telah membantu pemerintah menyosialisasikan pentingnya penerapan protokol kesehatan, di tengah terjadinya pandemi COVID-19.

Wakil rakyat dari daerah pemilihan II yang meliputi Kecamatan Rungan Hulu, Rungan, Rungan Barat, Manuhing, dan Manuhing Raya ini berharap insan pers tidak akan bosan menyosialisasikan pentingnya penerapan protokol kesehatan.

Baca juga: Legislator Gumas dukung pengembangan Tahura Lapak Jaru

Pria kelahiran Kelurahan Rabambang, Kecamatan Rungan Barat ini  menuturkan, saat ini insan pers juga memiliki tugas yang berat namun mulia yakni memerangi hoaks, khususnya hoaks terkait vaksinasi COVID-19.

“Hoaks terkait vaksinasi COVID-19 sekarang ini banyak beredar di media sosial maupun pesan berantai di aplikasi percakapan seperti WhatsApp. Di sini diperlukan peran pers dalam memerangi hoaks,” tuturnya.

Dengan adanya peran aktif dari insan pers dalam memerangi hoaks terkait vaksinasi COVID-19, sambung dia, diharap masyarakat Gumas mendukung penuh dan siap divaksin COVID-19 pada saatnya nanti.

Baca juga: Tahura Lapak Jaru Gumas alami penurunan pengunjung selama 2020

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo menyampaikan rasa terima kasihnya kepada insan pers yang telah membantu pemerintah dalam mengedukasi masyarakat terkait protokol kesehatan di masa pandemi COVID-19.

Hal itu disampaikan Presiden dalam sambutannya pada peringatan Hari Pers Nasional 2021 yang diselenggarakan di Istana Negara, Jakarta, Selasa.

"Saya berterima kasih sebesar-besarnya kepada insan pers karena membantu Pemerintah untuk mengedukasi mayarakat agar menerapkan porotokol kesehatan dan membantu masyarakat untuk mendapat informasi yang benar dan tepat," ujar Presiden dalam sambutannya di Jakarta, Selasa.

Presiden mengucapkan selamat kepada seluruh insan pers di Tanah Air atas peringatan Hari Pers Nasional. Presiden menyatakan mengetahui di saat pandemi seluruh insan pers Tanah Air tetap bekerja dan berada di garis terdepan untuk mengabarkan setiap perkembangan situasi dan menjadi jembatan komunikasi antara pemerintah dengan masyarakat dan menjaga optimisme serta harapan.

Baca juga: Pemkab Gumas terima kunker DPRD Lamandau terkait pengelolaan tahura

Baca juga: Kaum perempuan Gumas turut dalam kegiatan pemerintahan hingga tingkat RT

Baca juga: Legislator Gumas berharap pilkades diikuti banyak calon