Kaum perempuan Gumas turut dalam kegiatan pemerintahan hingga tingkat RT

id gunung mas, Iceu Purnamasari ,Kaum perempuan Gumas turut dalam kegiatan pemerintahan hingga tingkat RT

Kaum perempuan Gumas turut dalam kegiatan pemerintahan hingga tingkat RT

Legislator Gumas Iceu Purnamasari saat mengikuti rapat paripurna di ruang rapat paripurna DPRD setempat, baru-baru ini. (ANTARA/HO – Iceu Purnamasari) (ANTARA/HO – Iceu Purnamasari)

Kuala Kurun (ANTARA) - Legislator Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Iceu Purnamasari bangga kaum perempuan turut dalam kegiatan pembangunan dan pemerintahan di kabupaten itu.

Bahkan, keterlibatan kaum perempuan dalam kegiatan pembangunan dan pemerintahan tidak hanya terjadi di tingkat kabupaten, namun juga hingga tingkat rukun tetangga (RT), kata Iceu saat dihubungi dari Kuala Kurun, Senin.

“Baru-baru ini Desa Tumbang Tariak, Kecamatan Kurun melaksanakan pemilihan Ketua RT. Dari tiga RT yang melaksanakan pemilihan Ketua RT, ada dua perempuan yang terpilih menjadi Ketua RT,” ucapnya.

Menurut politisi Partai Golongan Karya ini, hal tersebut menunjukkan keterbukaan Gumas dalam memberi ruang dan kesempatan bagi kaum perempuan untuk turut berperan dalam berbagai kegiatan pembangunan dan pemerintahan.

Baca juga: Legislator Gumas berharap pilkades diikuti banyak calon

Dengan terpilihnya dua orang perempuan sebagai Ketua RT di Tumbang Tariak diharap semakin memacu kaum perempuan lain untuk turut berperan dan ambil bagian dalam berbagai kegiatan pembangunan dan pemerintahan.

“Saat ini perempuan bisa menjadi mitra sejajar bagi kaum pria di berbagai kegiatan pembangunan dan pemerintahan, serta kegiatan lainnya,” tutur wakil rakyat dari daerah pemilihan I yang meliputi Kecamatan Sepang, Mihing Raya, dan Kurun ini.

Terpisah, Kepala Desa Tumbang Tariak Rodi Asser mengatakan desa tersebut baru saja melaksanakan pemilihan Ketua RT yakni RT 01, RT 02, dan RT 03, untuk masa bakti 2021 – 2026.

Baca juga: Pemkab sampaikan belasungkawa atas berpulangnya Sekretaris PWI Gumas

Dia menyebut, di RT 01 terdapat tiga calon yakni Margono yang memperoleh 63 suara, Ina Kurnia  yang memperoleh 83 suara, dan Adi Suryanata yang memperoleh 73 suara.

Di RT 02, sambung dia, hanya terdapat satu calon yakni Nelson Uda, yang secara otomatis menjadi Ketua RT 02. Di RT 03 terdapat dua calon yakni Kambang yang memperoleh 108 suara dan Agau Kael yang memperoleh 104 suara.

“Ketua RT 01 dan Ketua RT 03 terpilih yakni Ina Kurnia dan Kambang merupakan perempuan, sedangkan Ketua RT 02 yakni Nelson Uda merupakan laki-laki. Saya harap mereka dapat bersinergi dengan seluruh pihak agar bisa menjalankan tugas dengan baik,” demikian Rodi Asser.

Baca juga: Untung Jaya Bangas ditunjuk sebagai Plt Ketua Demokrat

Baca juga: Tinjau perkebunan singkong Gumas, Gubernur optimis terkait cadangan logistik strategis

Baca juga: Wakil Ketua I DPRD Gumas tidak merasakan efek samping usai divaksin COVID-19