Disperkimtan Seruyan identifikasi dan verifikasi calon penerima BSPS

id Pemkab seruyan, kuala pembuang, disperkimtan seruyan, identifikasi dan berifikasi disperkimtan, kalteng, kalimantan tengah, bsps, bantuan stimulan per

Disperkimtan Seruyan identifikasi dan verifikasi calon penerima BSPS

Tim Disperkimtan Seruyan saat melakukan identifikasi dan verifikasi di Desa Pematang Panjang, Kecamatan Seruyan Hilir Timur, Kamis (11/3/2021). (ANTARA/Radianor)

Kuala Pembuang (ANTARA) - Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah mulai melaksanakan kegiatan verifikasi dan identifikasi calon penerima Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

“Saat ini kami melaksanakan identifikasi rumah-rumah masyarakat yang memang tidak layak huni yang berada di Kecamatan Seruyan Hilir dan Seruyan Hilir Timur, serta juga di Kecamatan Hanau,” kata Kepala Disperkimtan Seruyan, Roby Kurniawan melalui Kepala Bidang Kawasan Permukiman, Rahmawati Eka Murni di Kuala Pembuang, Senin.

Menurut dia, hal ini dilakukan untuk mengetahui secara langsung kondisi rumah yang diusulkan desa serta juga ada rumah masyarakat yang layak mendapatkan bantuan tersebut, sehingga hasil identifikasi nantinya akan diserahkan kepada pemerintah pusat agar disetujui.

Lebih lanjut dia menyampaikan, kegiatan identifikasi tersebut mulai dilaksanakan sejak beberapa hari sebelumnya dan sampai saat ini dirinya bersama tim sudah menyasar tiga titik lokasi di kecamatan.

Ia menjelaskan, pihaknya saat ini melakukan verifikasi secara door to door (pintu ke pintu), yakni untuk meminimalisir data-data sebelumnya yang kemungkinan tidak akurat, agar bantuan tersebut bisa tepat sasaran.

“Bisa saja yang masuk dalam data sebelumnya itu mereka sudah menerima bantuan program sejenisnya, sehingga tidak bisa lagi masuk dalam kriteria calon penerima BSPS reguler ini dan kemungkinan lain kondisi rumah mereka tidak sesuai dengan kriteria penerima program ini,” tuturnya. 

Ia menambahkan, identifikasi kali ini secara langsung dilakukan yakni atas perintah kepala daerah yang ingin masyarakat mendapatkan bantuan tersebut benar-benar tepat sasaran.

“Ini semua atas perintah Bupati Seruyan Yulhaidir, dimana dirinya menginginkan masyarakat yang menerima program BSPS tersebut benar-benar tepat sasaran," jelasnya.

Hingga pada akhirnya masyarakat miskin yang kondisi rumahnya sudah tidak layak huni di wilayah Seruyan, bisa dibantu dengan adanya program tersebut.