Wujudkan pemerataan pembangunan, Bupati Bartim tinjau wilayah pelosok

id Pemkab bartim, bupati bartim tinjau desa dambung, ampera ay mebas, dambung raya, kalimantan selatan, kalteng, kalimantan tengah, tamiang layang

Wujudkan pemerataan pembangunan, Bupati Bartim tinjau wilayah pelosok

Bupati Ampera AY Mebas (dua dari kiri) dalam baksos pengobatan gratis dan sunatan masal di Desa Dambung, Kecamatn Dusun Tengah, Minggu, (28/3/2021). (ANTARA/Ho-Diskominfo Bartim)

Tamiang Layang (ANTARA) - Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Ampera AY Mebas bersama puluhan pengendara atau rider meninjau Desa Dambung, Kecamatan Dusun Tengah.

“Kami ke Desa Dambung untuk meninjau warga Kalteng disana, sekaligus melaksanakan bakti sosial berupa pengobatan gratis dan sunatan massal,” katanya di Tamiang Layang, Senin.

Orang nomor satu di Pemkab Bartim itu menjelaskan, kegiatan lain yang dilaksanakan diantaranya sosialisasi protokol kesehatan dan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Skala Mikro.

Melalui sosialisasi protokol kesehatan dan PPKM ini, diharapkan bisa menciptakan serta meningkatkan kesadaran warga sebagai upaya pencegahan penularan COVID-19 hingga wilayah pedesaan.

Selain itu, juga dilaksanakan peninjauan infrastruktur pembangunan berupa jalan dan jembatan, serta fasilitas penunjang pembangunan lainnya di Desa Dambung yang berbatasan langsung dengan Desa Dambung Raya, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan.

Tambahnya, Desa Dambung merupakan salah satu desa pelosok yang sangat jauh dengan Puskesmas terdekat. Selain itu, Desa Dambung juga salah satu desa yang secara geografis berada di daerah pegunungan sehingga menyulitkan warga yang memerlukan pengobatan.

“Untuk itu, sebagaimana penerapan misi pembangunan Pemkab Bartim maka warga disana juga perlu sentuhan pemerintah dalam pengobatan,” ungkapnya.

Catatan dalam peninjauan pembangunan infrastruktur di Desa Dambung akan dijadikan bahan evaluasi pembangunan dan apa saja yang diperlukan masuk dalam rencana pembangunan tahun anggaran 2022.

Pihaknya berupaya agar pembangunan di Bartim bisa terlaksana adil dan merata. Karenanya dilakukan peninjauan secara bergantian dan untuk hasil peninjauan di Desa Dambung, akan direncanakan masuk pada tahun anggaran 2022.