Food estate diproyeksikan penuhi bapok daerah hingga ekspor

id Food estate, food estate kalteng, penuhi kebutuhan bapok, bahan kebutuhan pokok, beras, pangan, food estate pulang pisau, food estate kapuas, kalteng

Food estate diproyeksikan penuhi bapok daerah hingga ekspor

Kadisdagperin Kalteng Aster Bonawaty. (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Palangka Raya (ANTARA) - Adanya food estate akan menghasilkan berbagai macam produk pertanian dan perkebunan, sehingga diharapkan sangat membantu ketersediaan barang kebutuhan pokok di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah.

"Barang kebutuhan pokok dimaksud, seperti halnya beras dan komoditas lainnya," kata Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Kalimantan Tengah Aster Bonawaty saat dihubungi dari Palangka Raya, Senin.

Menurutnya selama ini sebagian besar dari bahan kebutuhan pokok (bapok) tersebut didatangkan dari luar Kalteng, seperti Jawa, Sulawesi, Kalimantan Selatan hingga Nusa Tenggara Barat.

Untuk itu, nantinya dengan adanya food estate diharapkan Kalteng mampu memenuhi kebutuhan tersebut secara mandiri dan tak lagi bergantung pada daerah lain.

"Selain itu juga dapat memenuhi kebutuhan dari daerah lain di luar Kalteng, bahkan menyasar ekspor," terangnya.

Aster menyampaikan, pihaknya juga akan bersinergi bersama instansi terkait lainnya, seperti Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan, Ketahanan Pangan, Bulog hingga satgas pangan untuk memfasilitasi, mengatur dan memonitoring suplai atau pendistribusian barang kebutuhan pokok.

"Hal ini juga akan kami lakukan agar suplainya sampai kepada masyarakat dengan harga yang wajar," terangnya.

Lebih lanjut Aster mengatakan, adanya food estate maka tumbuh dan berkembangnya berbagai macam sektor industri sangatlah potensial, seperti produksi beras, singkong hingga jagung sebagai industri hulu, dan tepung terigu maupun pakan ternak serta lainnya sebagai industri hilir.

Kemudian selain tumbuhnya industri skala besar dengan terbangunnya pabrik olahan, maka akan tumbuh wirausaha baru atau industri kecil menengah (IKM), seperti usaha perbengkelan dan lainnya.

"Adanya food estate bisa memberdayakan IKM pada berbagai sektor sebagai mitra usaha," ungkapnya.

Pihaknya menyambut baik dan mendukung food estate segera terwujud dan nantinya Disdagperin akan banyak terlibat dalam pelaksanaan food estate ini.

Keterlibatan pihaknya dalam pelaksanaan food estate di Kalteng meliputi sejumlah bidang, selain perdagangan dalam negeri maupun perindustrian, juga pada bidang perdagangan luar negeri, serta perlindungan konsumen.