Dikunjungi pers dari Kalsel, DPRD Kalteng bersinergi dengan Media

id Kepala Sub Bagian Kehumasan Risalah dan Persidangan DPRD Kalimantan Tengah Tony Iwan,Kalimantan Tengah,Tony Iwan,DPR DKalteng,DPRD Kalimantan Tengah,K

Dikunjungi pers dari Kalsel, DPRD Kalteng bersinergi dengan Media

Kepala Sub Bagian Kehumasan, Risalah dan Persidangan DPRD Kalteng Tony Iwan (kiri) saat menerima cenderamata dari perwakilan para wartawan asal Kalsel yang melaksanakan Komparasi Pers DPRD Kalsel ke DPRD Kalteng, Senin (5/4/2021). ANTARA/HO-Sekretariat DPRD Kalteng

Palangka Raya (ANTARA) - Kepala Sub Bagian Kehumasan, Risalah dan Persidangan DPRD Kalimantan Tengah Tony Iwan, menegaskan bahwa komunikasi dan sinergitas pihaknya dengan media yang ada di provinsi, sejak dahulu hingga saat ini berlangsung dengan baik dan optimal.

DPRD Kalteng sampai sekarang ini juga menjalin kerja sama pemberitaan dengan sejumlah media, kata Tony saat menerima kunjungan puluhan insan pers dari Provinsi Kalimantan Selatan di ruang rapat paripurna DPRD Kalteng, Senin.

"Pada tahun 2020 DPRD Kalteng menjalin kerja sama dengan 17 media, baik cetak, online maupun elektronik. Dan, di tahun 2021 kerja sama dengan media mengalami peningkatakan menjadi 22," beber dia.

Dikatakan, Dalam ketentuan kerja sama pemberitaan tersebut, terdapat beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh media. Mulai dari berbadan hukum resmi dengan dibuktikan dengan Surat Keterangan (SK) Menterian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum-HAM), hingga harus terverifikasi di Dewan Pers Republik Indonesia (RI).

Toni mengatakan DPRD Kalteng saat ini juga tengah memperjuangkan agar wartawan yang bertugas di DPRD Kalteng, bisa menerapkan komparasi seperti diterapkan DPRD Kalsel. Hal itu dalam rangka meningkatkan sinergitas insan pers dengan Legislatif, serta peningkatan kualitas wartawan dalam mengolah pemberitaan.

"Semoga apa yang dilaksanakan DPRD Kalsel terkait komparasi dengan media sebanyak 2 kali setahun, dapat juga diterapkan DPRD Kalteng," katanya.

Baca juga: Legislator Kalteng ingatkan bantuan pendidikan harus tepat sasaran

Dia mengakui komparasi sangat perlu dilakukan, agar hubungan para insan pers semakin akrab dengan para wakil rakyat di DPRD Kalteng. Sebab, peran pers sangat penting dalam membantu mempublikasikan kinerja DPRD Kalteng, termasuk dalam hal ikut menyuarakan aspirasi masyarakat yang diterima.

Komparasi itu juga tentunya salah satu kontribusi DPRD Kalteng dalam meningkatkan wawasan insan pers yang ada di provinsi ini. Dengan begitu, berita-berita yang disajikan insan pers, benar-benar sesuai harapan sekaligus berkontribusi terhadap kemajuan provinsi ini.

"Ini hal-hal yang sudah dan sedang kami upayakan dari sekretariat DPRD Kalteng. Tentunya semua itu juga karena dukungan dari pimpinan dan anggota DPRD Kalteng," demikian Toni.

Puluhan insan pers yang melaksanakan peliputan di DPRD Kalsel menggelar komparasi ke DPRD Kalteng, dalam rangka kaji banding sinergitas antara media massa dan legislatif, mulai dari sistem kerja sama pemberitaan, pendampingan perjalanan dinas dan proses pemuatan berita legislatif di media massa.

Baca juga: HUT ke-62 memotivasi DPRD Kalteng bekerja lebih optimal dan aspiratif

Baca juga: DPRD Kalteng ingatkan pemprov terkait penyelesaian proyek multiyears

Baca juga: DPRD Kalteng berencana panggil KPUD terkait anggaran pilkada 2020

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar