Ajak generasi muda produktif melalui 'Gebyar Ramadhan Berkah'

id Nu kalteng, nahdlatul ulama kalteng, wahyudie f dirun, gebyar ramadhan, lomba ramadhan, kalteng, kalimantan tengah, agustiar sabran

Ajak generasi muda produktif melalui 'Gebyar Ramadhan Berkah'

Ketua Tanfidziyah PW NU Kalteng Wahyudie F Dirun (tengah) beserta jajaran, Palangka Raya, Senin, (12/4/2021). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Lomba Gebyar Ramadhan Berkah akan diselenggarakan untuk menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1442 Hijriah di wilayah Kalimantan.

"Ini sebagai upaya dan partisipasi kami menjawab keinginan masyarakat yang tetap berharap adanya kegiatan di tengah pandemi COVID-19," kata Ketua Tanfidziyah PW NU Kalteng Wahyudie F Dirun di Palangka Raya, Senin.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kalteng bekerja sama dengan PW NU Kalteng, serta didukung Anggota DPR RI Agustiar Sabran, tentunya dengan tetap mengikuti anjuran penerapan protokol kesehatan.

Ketua DPW BKPRMI Kalteng Rus'ansyah mengatakan, lomba ini akan dilaksanakan secara virtual dengan kriteria peserta menyasar generasi muda yang ada di wilayah Kalimantan.

"Pesertanya santri TPA berusia maksimal 13 tahun, pelajar, remaja masjid, mahasiswa dan umum usia maksimal 20 tahun," terangnya.

Berbagai cabang lomba akan dilaksanakan pada kegiatan ini, diantaranya tartil Al Quran, adzan dan iqomah, lagu-lagu Islami atau nasyid, ceramah agama, kisah Islami, bagarakan sahur dan lainnya.

Adapun pendaftaran peserta dilaksanakan sejak 10-21 April 2021 mendatang, sedangkan lomba dan penjurian pada 22-30 April 2021.

Lebih lanjut dijelaskan, pihaknya telah mengirim pemberitahuan pelaksanaan lomba kepada berbagai pihak di wilayah Kalimantan, baik Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, serta Kalimantan Barat.

Meliputi DPW maupun DPD BKPRMI, para kepala sekolah SMA, MA dan SMK, perguruan tinggi, hingga para pengurus masjid maupun pondok pesantren.

"Peserta yang nantinya berpartisipasi dalam lomba ini harus mengikuti ketentuan yang telah ditetapkan, diantaranya video yang dilombakan merupakan karya orisinil," ungkapnya.

Diharapkan melalui kegiatan ini, menambah semarak dan semangat umat Islam di bulan suci Ramadhan, sekaligus memacu generasi muda tetap produktif untuk terus berkarya dalam hal yang positif dan bermanfaat.