Lifter muda ini targetkan pecahkan rekor dunia lagi

id angkat besi,indonesia,rekor dunia junior,kelas 73 kg,rizki juniansyah

Lifter muda  ini  targetkan pecahkan rekor dunia lagi

Lifter muda Indonesia Rizki Juniansyah berpose selepas menyapu bersih tiga medali emas sekaligus memecahkan rekor dunia junior dalam Kejuaraan Dunia Angkat Besi Junior 2021 di Tashkent, Uzbekistan, Rabu (26/5/2021). ANTARA/Dok-PB PABSI/am.

Jakarta (ANTARA) - Setelah sukses mengukir tiga rekor dunia junior kelas 73kg pada Kejuaraan Dunia Angkat Besi Junior 2021 di Uzbekistan, lifter muda Indonesia Rizki Juniansyah menargetkan memecahkan rekor dunia junior kelas 81kg.

Lifter berusia 17 tahun itu mengatakan akan memaksimalkan kesempatan untuk kembali mengukir rekor dunia karena dirinya masih mempunyai waktu dua tahun lagi untuk bisa berlaga dalam kejuaraan level junior sebelum beralih ke senior.

“Karena masih ada kesempatan berlaga di level junior dua tahun ke depan, obsesi saya selanjutnya mampu memecahkan rekor dunia junior di kelas 81kg. Untuk itu saya berniat pindah ke kelas 81kg,” kata Rizki dalam rilis PABSI, Minggu.

Jika ingin pindah ke kelas 81kg, Rizki yang biasa tampil di kelas 73kg itu harus menjaga berat badannya tidak boleh lebih dari 80kg. Itu dilakukan agar ketika ia harus kembali berlaga di kelas 73kg, dia tidak kesulitan menurunkan berat badannya.

Rekor dunia junior kelas 81kg saat ini yang sedang dibidiknya adalah, angkatan snatch 168kg, yang dicetak lifter China Li Dayin, dan clean and jerk 206kg milik lifter Bulgaria Nasar Karlos May Hasan.

Catatan tersebut mendekati rekor dunia junior yang dipecahkannya di kelas 73kg, yakni snatch 155kg dan clean and jerk 194kg.

Selain itu, Rizki juga mempunyai ambisi besar untuk memecahkan rekor dunia senior di kelas 73kg, kelak jika ia sudah berusia 19 tahun.

"Sekarang ini saya fokus di junior terlebih dahulu dengan rencana pindah kelas. Setelah saya memenuhi syarat di level senior saya mencoba untuk memecahkan rekor dunia lagi yang juga selisihnya tidak jauh yakni 169kg di angkatan snatch dan 198kg di angkatan clean and jerk. Saya hanya perlu fokus untuk meningkatkan lagi power angkatan saya,” kata dia menandaskan.