Pebalap Tim Indonesian Racing sembahkan podium di Catalunya

id Alcoba,Moto3,Motogp,Catalunya

Pebalap Tim Indonesian Racing  sembahkan podium di Catalunya

Pebalap tim Indonesian Racing Gresini Moto3 Jeremy Alcoba melakukan selebrasi setelah finis runner-up di Grand Prix Catalunya, Sirkuit Barcelona-Catalunya, Minggu (6/6/2021). (ANTARA/AFP/Lluis Gene)

Jakarta (ANTARA) - Jeremy Alcoba mempersembahkan podium untuk tim Indonesian Racing Gresini Moto3 setelah finis runner-up di Grand Prix Catalunya yang dimenangi oleh Sergio Garcia dari tim Aspar pada Minggu.

Alcoba yang start dari P2 di belakang rekan satu timnya, Gabriel Rodrigo, yang mengamankan pole position pertamanya musim ini, bertahan di rombongan utama yang bersaing ketat pada balapan sepanjang 21 putaran tersebut.

John McPhee, ketika memimpin lomba, terlibat kecelakaan dengan Andrea Migno, dan Tatsuki Suzuki di Tikungan 2 pada awal lomba, namun ketiga pebalap lolos dari cedera.

Pemuncak klasemen Pedro Acosta harus menjalani penalti long lap, yang membuka jalan bagi Rodrigo untuk kembali memimpin lomba.

Rodrigo kemudian berusaha memisahkan diri dari rombongan di lima lap terakhir sembari bertahan dari serangan Garcia, Acosta, dan Alcoba, mengantisipasi drama di lap terakhir.

Di saat para pebalap di belakang memanfaatkan slipstream, Rodrigo kehilangan posisinya di lintasan lurus utama dan justru giliran Alcoba yang memimpin dengan dua lap tersisa.

Baca juga: Oliveira buat kejutan, juarai GP Catalunya

Para pebalap di rombongan utama mulai saling serang di lap terakhir.

Izan Guevara terjatuh ketika berusaha mengejar Garcia, yang justru memiliki celah jelang tikungan terakhir dan memanfaatkan momentum itu untuk menjadi yang pertama melintasi garis finis.

Alcoba bisa saja mencuri trofi juara dari Garcia jika tidak bersenggolan dengan sang kompatriot asal Spanyol di tikungan terakhir sehingga ia tak cukup cepat melaju keluar dari tikungan dan harus puas sebagai runner-up setelah finis 0,015 detik berselang untuk podium kedua kalinya musim ini, demikian laman resmi MotoGP.

Pebalap tim Red Bull KTM Ajo Jaume Masia harus kehilangan podium setelah diganjar penalti karena melebihi batas trek di lap terakhir. Dengan demikian, Deniz Oncu berhak naik ke peringkat tiga mempersembahkan podium untuk tim Red Bull KTM Tech 3.

Sedangkan Rodrigo harus puas finis P6 di belakang Masia dan Darryn Binder.

Dengan dua kemenangan dari tiga balapan terakhir, Garcia mendongkrak posisinya ke peringkat dua dengan koleksi 81 poin.

Acosta mendapat tambahan sembilan poin setelah finis P7 demi menjaga jaraknya sebagai pemuncak klasemen dengan gap 39 poin.