Legislator Kalteng minta pemerintah perhatikan kesejahteraan Damang

id DPRD Kalimantan Tengah, Achmad Rasyid, Kalimantan Tengah, DPRD Kalteng, Kalteng, Ketua Ketua Fraksi Gerindra DPRD Kalteng, damang, kesejahteraan daman

Legislator Kalteng minta pemerintah perhatikan kesejahteraan Damang

Anggota DPRD Kalimantan Tengah Achmad Rasyid. ANTARA/Jaya W Manurung

Palangka Raya (ANTARA) - Legislator Kalimantan Tengah Achmad Rasyid mengingatkan sekaligus meminta pemerintah provinsi dan kabupaten/kota, memberikan perhatian serius terhadap kesejahteraan damang atau Tokoh Adat Suku DayaK.

Keberadaan sekaligus tanggungjawab Damang sangat penting serta besar dalam menyelesaikan permasalahan adat yang sampai sekarang ini masih banyak terjadi, kata Achmad Rasyid di Palangka Raya, Rabu.

"Di Kalteng ini kan ada beberapa hal atau masalah hukum yang bisa diselesaikan oleh Damang melalui hukum Adat, dan tanpa harus melalui pengadilan. Itu tanda bahwa keberadaan damang penting," tambahnya.

Dikatakan, tugas dan tanggungjawab Damang meliputi satu wilayah Kecamatan yang banyak masalah terjadi dan terkadang tak perlu sampai ke pengadilan. Masalah tersebut mulai dari sengketa lahan/tanah, rumah tangga, pembagian warisan serta lainnya.

Wakil rakyat Kalteng dari daerah pemilihan IV meliputi Kabupaten Barito Selatan, Barito Timur, Barito Utara dan Murung Raya itu mengatakan, Damang sampai sekarang masih relatif dipercaya masyarakat untuk menyelesaikan berbagai permasalahan tersebut.

"Itulah kenapa kesejahteraan Damang diperhatikan meliputi insentif, kendaraan operasional hingga kantor. Lebih bagus lagi kalau insentif Damang disesuaikan dengan Upah Minimum Kabupaten (UMK) daerah masing-masing," kata Achmad Rasyid.

Baca juga: DPRD Kalteng minta Sarpras Edotel SMKN III Palangka Raya ditingkatkan

Ketua Ketua Fraksi Gerindra DPRD Kalteng itu pun berharap agar nantinya akan ada koordinasi dengan pihak terkait dalam hal ini Pemerintah Daerah Kabupaten, sehingga nantinya dalam melaksanakan tugasnya para Damang dapat berjalan dengan sebagaimana mestinya.

"Bagus lagi kedepannya jika ada sharing antar Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Provinsi, khususnya dalam rangka meningkatkan kesejahteraan Damang," ucapnya.

Dia mengaku permasalahan kesejahteraan Damang ini sering menjadi aspirasi saat ada reses anggota DPRD Kalteng ke sejumlah kabupaten/kota, khususnya di Dapil IV. Sebab, selama ini peran damang dianggap sangat membantu menyelesaikan permasalahan yang terjadi di masyarakat.

"Jad, saya kembali meminta pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota se-Kalteng bisa memberikan perhatian terhadap kesejahteraan para damang," demikian Achmad Rasyid.

Baca juga: Legislator Kalteng minta Perda Dalkarla terus disosialisasikan