Distan Gunung Mas latih ibu PKK olah hasil peternakan

id Distan Gunung Mas,gumas,Distan Gunung Mas latih ibu PKK olah hasil peternakan

Distan Gunung Mas latih ibu PKK olah hasil peternakan

Suasana kegiatan pendampingan unit usaha hewan dan produk hewan di Kelurahan Sepang Simin, Kecamatan Sepang, Selasa (15/6/2021). (ANTARA/HO-Distan Kabupaten Gumas)

Kuala Kurun (ANTARA) - Dinas Pertanian Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah melalui Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan melatih ibu-ibu TP PKK Kecamatan Sepang dalam mengolah hasil peternakan.

“Selasa (15/6) lalu kami mengadakan kegiatan pendampingan unit usaha hewan dan produk hewan, di Kecamatan Sepang,” ucap Kepala Distan Gumas Rody Aristo melalui Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Yuliana Elisabet, saat dihubungi dari Kuala Kurun, Kamis.

Kegiatan tersebut, ujar dia, bertujuan untuk memberdayakan ibu-ibu PKK, petani peternak atau pelaku usaha, menambah kreativitas mereka dalam mengolah hasil peternakan , sehingga dapat meningkatkan pendapatan dari produk olahan tersebut.

Dia menyebut bahwa selama mengikuti kegiatan pendampingan unit usaha hewan dan produk hewan, para peserta dilatih membuat nugget ayam, pentol ayam, dan telur asin rempah.

Baca juga: Ini upaya Gumas sinergikan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan

Dengan adanya kegiatan pendampingan tersebut, diharap para peserta mampu memanfaatkan peluang pasar untuk meningkatkan kesejahteraan pelaku usaha kecil dan peternak, serta meningkatkan perekonomian di wilayah setempat.

Selain itu, sambung dia, ke depan masyarakat dan peternak juga diharap dapat meningkatkan dan mengembangkan usaha pengolahan hasil peternakan secara profesional, yang siap dikonsumsi oleh masyarakat.

“Tujuan selanjutnya dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas dan memperpanjang masa simpan dari olahan daging ayam, serta mempertahankan  nilai gizi produk” papar Yuliana Elisabet.

Lebih lanjut, kegiatan yang dibuka langsung oleh Kepala Distan Gumas tersebut diikuti oleh 25 orang ibu-ibu PKK, dan dipusatkan di Aula Lasang Liu Turus Kapakat Sepang Simin.

Dia menuturkan, sebagai narasumber kegiatan pendampingan unit usaha hewan dan produk hewan adalah Kepala Bidang Penyuluhan dan Kelompok Jabatan Fungsional pada Bidang Penyuluhan.

“Semoga kegiatan pendampingan unit usaha hewan dan produk hewan tersebut dapat bermanfaat bagi para peserta yang hadir, dan peningkatan kesejahteraan dapat terwujud,” demikian Yuliana Elisabet.

Baca juga: Puskesmas di Gumas mulai vaksinasi COVID-19 bagi disabilitas dan ODGJ

Baca juga: Legislator dukung rencana DPKP Gumas budidayakan ikan lumi

Baca juga: Sekda Gumas: Kelulusan ujian kenaikan pangkat tergantung peserta

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar