Puskesmas di Gumas mulai vaksinasi COVID-19 bagi disabilitas dan ODGJ

id Puskesmas di Gumas ,gunung mas,disabilitas dan ODGJ,Puskesmas di Gumas mulai vaksinasi COVID-19 bagi disabilitas dan ODGJ

Puskesmas di Gumas mulai vaksinasi COVID-19 bagi disabilitas dan ODGJ

Suasana vaksinasi COVID-19 kepada seorang ODGJ di Puskesmas Tampang Tumbang Anjir, Kecamatan Kurun, Kabupaten Gumas, Rabu (16/6/2021). (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Unit Pelayanan Teknis (UPT) Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Tampang Tumbang Anjir, Kecamatan Kurun, Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah mulai melaksanakan vaksinasi COVID-19 terhadap penyandang disabilitas dan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).

“Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi penyandang disabilitas dan ODGJ di wilayah kerja kami dimulai pada hari ini,” ucap Kepala Puskesmas Tampang Tumbang Anjir Nevie Ervina di Kelurahan Tampang Tumbang Anjir, Rabu.

Dia menyebut bahwa Puskesmas Tampang Tumbang Anjir memiliki wilayah kerja di Kelurahan Tampang Tumbang Anjir, Desa Tanjung Riu, Desa Petak Bahandang, dan Desa Teluk Nyatu.

Vaksinasi COVID-19 bagi penyandang disabilitas, baik itu disabilitas mental maupun disabilitas fisik, serta ODGJ dimulai  di Tampang Tumbang Anjir, di mana pelaksanaan vaksinasi dilakukan di puskesmas setempat pada Rabu (16/6).

Baca juga: Legislator dukung rencana DPKP Gumas budidayakan ikan lumi

Dalam pelaksanaannya, Puskesmas Tampang Tumbang Anjir dibantu kepolisian, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Sosial, pemerintah kecamatan dan pemerintah kelurahan setempat melakukan antar jemput kepada penyandang disabilitas dan ODGJ yang tidak bisa datang sendiri ke puskesmas.

Sebagian dari mereka, tutur dia, sudah menjalani vaksinasi COVID-19 dosis pertama dan sebagian lagi belum bisa disuntik vaksin karena sedang dalam kondisi tidak sehat. Walau demikian, puskesmas tetap akan memantau keadaan mereka dan jika sudah memungkinkan mereka akan disuntik vaksin.

“Secara keseluruhan penyandang disabilitas dan ODGJ di Tampang Tumbang Anjir yang sudah disuntik vaksin berjumlah lima orang. Target kami 11 penyandang disabilitas dan tujuh ODGJ di kelurahan ini yang disuntik vaksin,” bebernya.

Baca juga: Sekda Gumas: Kelulusan ujian kenaikan pangkat tergantung peserta

Selanjutnya vaksinasi COVID-19 bagi penyandang disabilitas dan ODGJ akan dilanjutkan di Tanjung Riu pada Kamis (17/6), dengan target lima orang ODGJ. Di desa ini tidak ada penyandang disabilitas.

Lalu di Petak Bahandang dan Teluk Nyatu pada Jumat (18/6). Di Petak Bahandang ada empat penyandang disabilitas dan tiga ODGJ yang menjadi sasaran, sedangkan di Teluk Nyatu ada empat penyandang disabilitas dan satu ODGJ yang menjadi sasaran.

Terpisah, Kepala UPT Puskesmas Kurun Vera Crista mengatakan bahwa pihaknya juga telah menjadwalkan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi penyandang disabilitas mental dan ODGJ di Kelurahan Kuala Kurun, Rabu (23/6) mendatang.

“Kami  sudah menyampaikan kepada pihak terkait lainnya agar dapat membantu pelaksanaan vaksinasi. Pelaksanaan vaksinasi rencananya dilaksanakan secara ketuk pintu atau mendatangi tempat kediaman pasien,” jelas Vera.

Baca juga: Camat, lurah, kades dan BPD ujung tombak penataan adminduk di Gumas

Baca juga: Sebanyak 1.986 peserta didik SMP di Gumas dinyatakan lulus

Baca juga: Legislator berharap semakin banyak BUMDesma berdiri di Gumas

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar