DPRD Barito Selatan kawal usulan musrenbangdes

id Dprd barito selatan, ketua komisi I, raden sudarto, usulan musrenbang, buntok, kalteng, kalimantan tengah

DPRD Barito Selatan kawal usulan musrenbangdes

Ketua Komisi I DPRD Barito Selatan, Raden Sudarto. (ANTARA/Bayu Ilmiawan)

Buntok (ANTARA) - DPRD Barito Selatan, Kalimantan Tengah memantau pelaksanaan hasil musyawarah perencanaan pembangunan desa di wilayah setempat.

"Pemantauan ini sebagai upaya memperjuangkan berbagai usulan program pembangunan desa dalam menunjang kemajuan daerah," kata Ketua Komisi I DPRD Barito Selatan, Raden Sudarto di Buntok, Kamis.

Ia menyampaikan, saat melaksanakan reses ke sejumlah desa, pihaknya meminta fotokopi atau salinan program prioritas yang telah diusulkan dalam musrenbangdes.

Hal itu dilakukan untuk memantau program-program skala prioritas yang telah diusulkan oleh masing-masing desa, apakah diakomodir atau tidak.

Karena lanjut dia, setiap desa mempunyai lima program skala prioritas yang disampaikan pada saat kegiatan musrenbangdes.

Kemudian dijelaskannya, usulan prioritas dari setiap desa itu juga akan disampaikan pada musrenbang di tingkat kecamatan dan selanjutnya disampaikan di tingkat kabupaten.

"Setelah melalui beberapa kali musrenbang tersebut, terkadang ada desa yang tidak masuk sama sekali program prioritasnya di tingkat musrenbang kabupaten," tegasnya.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Barito Selatan ini mengatakan, maka pihaknya terus melakukan pemantauan terhadap program prioritas yang diusulkan setiap desa.

"Kalau usulan desa tersebut tidak masuk, otomatis kami tidak bisa membahasnya," tambah Raden Sudarto yang akrab disapa H Alex itu.

Meskipun demikian kata dia, hal itu akan tetap menjadi catatan bagi pihaknya selaku Anggota DPRD Barito Selatan dan mudah-mudahan bisa diperjuangan untuk direalisasikan pada tahun-tahun berikutnya.

"Karena usulan prioritas masing-masing desa itu merupakan hal yang sangat diperlukan demi kemajuan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat," demikian Raden Sudarto.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar