Kapolda Kalteng optimistis serbuan vaksinasi COVID-19 mencapai target

id Kapolda Kalteng optimistis serbuan vaksinasi COVID-19 mencapai target, Kalteng, Polda, polisi, presisi, Polda Kalteng, Sampit, Kotim, Kotawaringin Tim

Kapolda Kalteng optimistis serbuan vaksinasi COVID-19 mencapai target

Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo saat meninjau vaksinasi massal di Mako Ditpolairud di Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur, Sabtu (26/6/2021). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah Irjen Pol Dedi Prasetyo optimistis target program serbuan vaksinasi di provinsi akan mampu mencapai target yang telah ditetapkan.

"Target vaksinasi COVID-19 secara massal untuk Polda Kalimantan Tengah dan jajaran pada hari ini sebanyak 9.175 orang. Alhamdulillah sampai pukul 10.35 WIB, sudah mencapai 3.000 orang lebih. Sampai pukul 15.00 WIB kami optimis target sudah tercapai," kata Dedi di Sampit, Sabtu.

Hal itu disampaikannya saat meninjau vaksinasi massal di Markas Direktorat Polairud di Dusun Belanti Kecamatan Mentawa Baru Ketapang Kabupaten Kotawaringin Timur.

Vaksinasi massal ini sekaligus menjadi rangkaian peringatan Hari Bhayangkara ke-75 yang dilaksanakan di tempat tersebut. Kegiatan lainnya yang digelar yaitu bakti sosial dan bakti kesehatan.

Vaksinasi massal tersebut disambut antusias masyarakat setempat. Masyarakat rela antre untuk mendapatkan giliran disuntik vaksin sebagai ikhtiar terhindar dari penularan COVID-19.

Dedi mengatakan, kegiatan vaksinasi massal ini dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia. Untuk Kalimantan Tengah, vaksinasi hari ini dilaksanakan di 170 titik lokasi.

Dalam kesempatan itu, Dedi bersama jajarannya juga mengikuti konferensi video yang dipimpin Presiden Joko Widodo terkait dimulainya program serbuan vaksinasi dengan target satu hari satu juta orang divaksinasi.

Vaksinasi COVID-19 di Kalimantan Tengah akan terus dimaksimalkan. Pemerintah daerah, Polri, TNI dan unsur lainnya akan terus bahu-membahu meningkatkan vaksinasi secara masif di seluruh wilayah Kalimantan Tengah.

Polda Kalimantan Tengah menggelar vaksinasi massal yang dipusatkan di kantor-kantor kepolisian seperti Ditpolairud dan Ditsamapta Polda Kalimantan Tengah, serta di lingkungan Polres jajaran.

Target vaksinasi beberapa hari ke depan juga disiapkan yaitu rata-rata 10.000 orang per hari sehingga di akhir Juni ini target dari pemerintah provinsi yaitu 50 persen vaksinasi untuk lanjut usia atau lansia diharapkan bisa dicapai.

Baca juga: Tabur bunga di Sungai Mentaya tandai peringatan Hari Bhayangkara di Kalteng

Secara umum, vaksinasi akan terus dimaksimalkan dengan harapan bisa mencapai target yaitu 70 persen warga Kalimantan Tengah sudah divaksinasi pada Oktober.

"Mohon dukungan seluruh masyarakat. Kami juga meningkatkan sinergitas dan kolaborasi bersama pemerintah provinsi dan kabupaten kota, TNI, Polres, Dinas Kesehatan, PMI, vaksinator dan lainnya," demikian Dedi Prasetyo.

Sementara itu Yanto, salah seorang warga mengaku bersyukur bisa mendapat kesempatan divaksinasi. Dia mengaku sudah lama ingin ikut vaksinasi namun baru sekarang mendapat kesempatan.

"Saya sangat senang dan berterima kasih. Saya sadar bahwa vaksin ini upaya kita untuk melindungi diri dari penularan COVID-19. Saya khawatir juga karena kasus COVID-19 di Kotawaringin Timur ini kembali meningkat. Mudah-mudahan jangan sampai kita tertular," demikian Yanto.

Baca juga: Ditpolairud Polda Kalteng amankan 400 batang kayu ilegal di Sungai Mentaya