Studi temukan hewan peliharaan kerap tertular COVID dari manusia

id hewan positif covid,hewan peliharaan,Studi temukan hewan peliharaan kerap tertular COVID dari manusia

Studi temukan hewan peliharaan kerap tertular COVID dari manusia

Dokter hewan melakukan perawatan kepada seekor kucing saat pelayanan kesehatan hewan Peduli COVID-19 di Rumah Sakit Hewan Pendidikan (RSHP) Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Udayana, Denpasar, Bali, Senin (18/5/2020). ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/nym/wsj.

Amsterdam (ANTARA) - Jika anda merasa telah terpapar COVID-19, mungkin lebih baik menjauh dari hewan peliharaan, menurut penulis studi asal Belanda yang menemukan bahwa sejumlah anjing dan kucing mungkin tertular..

"Sekitar satu dari lima hewan peliharaan berpotensi tertular penyakit dari majikan mereka," kata Dr Els Broens dari Universitas Utrecht di Belanda, kendati tidak ada kasus penyakit yang diketahui menyebar dari hewan peliharaan ke manusia.

"Untungnya, hewan-hewan itu tidak sakit parah."

Dalam studi Broen, yang dipaparkan pekan ini di Kongres Mikrobiologi dan Penyakit Menular Eropa, sebanyak 156 anjing dan 154 kucing dari 196 rumah dilakukan tes di rumah, yang tuan rumahnya mengidap COVID-19.

Baca juga: Rusia hadirkan vaksin COVID-19 untuk hewan

Sekitar 17 persen hewan, 31 kucing dan 23 anjing, memiliki antibodi COVID-19, membuktikan bahwa mereka tertular.

Selain itu, enam kucing dan tujuh anjing, atau 42 persen hewan, memilik infeksi aktif seperti yang terbaca oleh tes PCR.

Pengujian berikutnya menunjukkan hewan-hewan tak lama sembuh dan tidak menulari hewan peliharaan lainnya di rumah yang sama, kata Broens.

COVID-19 diperkirakan berasal dari kelelawar dan telah diketahui sejak beberapa bulan pertama pandemi bahwa mamalia bukan manusia dapat terinfeksi, namun sedikit saja yang mengalami sakit parah.

Hanya cerpelai yang diketahui terinfeksi dari manusia dan kemudian menulari penyakit tersebut ke manusia yang lain.

Broens mengatakan kasih sayang dari para pemilik anjing dan kucing sangat berperan dalam tingginya infeksi hewan peliharaan.

"Banyak pemilik hewan peliharaan melakukan kontak erat, seperti tidur bersama dalam satu tempat tidur, jadi anda dapat bayangkan bahwa terjadi kontak erat, sehingga penularan tak terhindarkan," katanya.

Sumber: Reuters

Baca juga: Rusia daftarkan vaksin COVID-19 pertama untuk hewan

Baca juga: Peneliti temukan kasus penularan COVID-19 dari manusia ke kucing

Baca juga: Delapan singa di kebun binatang positif COVID-19