UMPR berikan pelatihan animasi sebagai media pembelajaran

id hendri,sonei,umpr,universitas muhammadiyah palangka raya,pkkm

UMPR berikan pelatihan animasi sebagai media pembelajaran

Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMPR) Hendri,MPd (tengah) saat membuka pelatihan bagi mahasiswa di Palangka Raya, Jumat (9/7/2021). ANTARA/Humas UMPR

Palangka Raya (ANTARA) -
Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMPR) memberikan pelatihan perancangan animasi sebagai media pembelajaran berbasis multimedia bagi mahasiswa program studi Pendidikan Teknologi Informasi.

"Pelatihan ini diikuti sejumlah mahasiswa di Program Studi Teknologi Informasi dan dilaksanakan selama dua hari, yaitu 9-10 Juli," kata Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), UMPR Hendri di Palangka Raya, Jumat.

Melalui pelatihan tersebut pihaknya berharap para mahasiswa terutama peserta semakin kreatif, inovatif dan adaptif dengan kondisi kekinian.

Menurut dia di era saat ini menjadi kewajiban mahasiswa FKIP selaku calon pendidik untuk menguasai dan memanfaatkan perkembangan teknologi secara mendalam.

Sehingga, lanjut dia, nantinya saat mahasiswa telah terjun di dunia kerja di bidang pendidikan akan mampu menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, interaktif, inspiratif dan berkualitas.

"Untuk itu kami berharap para peserta tetap mengembangkan diri baik secara mandiri maupun kelompok sehingga dasar-dasar yang didapat dari pelatihan semakin bermanfaat di masa depan," jelas Hendri.

Pernyataan itu diungkapkan dia saat membuka acara pelatihan perancangan "story board" animasi media pembelajaran berbasis multimedia bagi mahasiswa pendidikan Teknologi Informasi" yang dilaksanakan secara luring dengan mengikuti protokol kesehatan ketat.

"Pelatihan ini sendiri merupakan bagian dari pelaksanaan hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) yang diselenggarakan Kemendikbud Ristek," paparnya.

Sebelumnya Rektor Universitas Muhammadiyah Palangkaraya Dr Sonedi mengatakan PKKM yang diluncurkan pemerintah pusat itu memberikan peluang bagi para mahasiswa mengembangkan kemampuan dan sumber daya secara maksimal.

Kegiatan tersebut merupakan implementasi program bantuan pemerintah PKKM liga tiga 2021. UMPR sendiri merupakan satu-satunya kampus negeri dan swasta di Kalimantan Tengah yang mendapat hibah program Kemdikbud Ristek.

Untuk itu dia berkeyakinan PKKM semakin meningkatkan mutu pendidikan tinggi di universitas swasta terbesar di Kalimantan Tengah ini. Terutama di Prodi Ekonomi dan Pendidikan Teknologi Informasi UMPR.

Pihaknya juga akan terus mendorong dan siap memfasilitasi upaya aspirasi, inovasi, dan semangat civitas akademika dalam merespon dan mengantisipasi perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, serta dinamika kehidupan masyarakat.

Kegiatan PKKM ini juga akan memberikan pelatihan-pelatihan, program magang pada Mitra DUDI, lomba tingkat nasional serta sertifikasi kompetensi bagi dosen dan mahasiswa.

Pria nomor satu di UMPR itu pun berpesan agar seluruh program studi di lingkungan setempat dapat mengakselerasikan dan menyelaraskan program kerja dan pelaksanaan pendidikan sesuai kondisi kekinian serta kebutuhan masyarakat.