Bupati Gumas minta perusahaan bantu perawatan ruas jalan kabupaten

id Bupati Gumas,gunung mas, Kalimantan Tengah,berita kalteng,Bupati Gumas minta perusahaan bantu perawatan ruas jalan kabupaten

Bupati Gumas minta perusahaan bantu perawatan ruas jalan kabupaten

Bupati Gumas Jaya S Monong saat melakukan dialog interaktif melalui Zoom Meeting pada program Bupati Menyapa di RRI Palangka Raya, Senin (12/7/2021). (ANTARA/HO-Diskominfosantik Kabupaten Gumas)

Kuala Kurun (ANTARA) - Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah Jaya S Monong meminta beberapa perusahaan besar swasta (PBS) yang beroperasi di kabupaten setempat agar membantu perawatan ruas jalan kabupaten yang mengalami kerusakan parah.

“Ini rencana, dan saya sudah berkirim surat secara resmi kepada PBS, untuk membantu kami merawat jalan yang sangat rusak,” ucap Jaya saat melakukan dialog interaktif ‘Bupati Menyapa’ di Radio Republik Indonesia (RRI) Palangka Raya, Senin.

Dia menjelaskan, anggaran yang dimiliki oleh Pemkab Gumas sangat terbatas, terlebih pandemi COVID-19 membuat adanya refocusing anggaran, yang membuat beberapa rencana pembangunan ada yang tertunda bahkan dibatalkan.

Oleh sebab itu, tutur suami dari Mimie Mariatie ini, diperlukan dukungan dari PBS dalam bentuk tanggung jawab sosial atau corporate social responsibility (CSR), yang sifatnya tidak mengikat.

Baca juga: Wabup Gumas minta perusahaan aktif sampaikan data konfirmasi positif

Pemkab telah menyurati PBS, terutama PBS yang beroperasi di zona 3 yakni Kecamatan Tewah, Kahayan Hulu Utara, Damang Batu, dan Miri Manasa. Ruas jalan yang dimaksud adalah dari Kelurahan Tewah Kecamatan Tewah menuju Kelurahan Tumbang Miri Kecamatan Kahayan Hulu Utara.

Kemudian Kelurahan Tumbang Marikoi menuju Desa Tumbang Mahuroi Kecamatan Damang Batu, lalu Desa Dandang menuju Desa Tumbang Tajungan menuju Desa Tumbang Ponyoi di Kecamatan Kahayan Hulu Utara.

“Saya sendiri akan langsung turun ke lapangan untuk memastikan kegiatan tersebut, bersama dengan Dinas Pekerjaan Umum. Rencananya, kalau di jadwal yang sudah saya sampaikan, di Juli ini persiapan dan mudah-mudahan Agustus sudah bisa berjalan,” paparnya.

Dia menjelaskan, untuk wilayah di Kecamatan Miri Manasa, Pemkab melalui DPU telah menyiapkan sedikit anggaran untuk pemeliharaan ruas jalan di beberapa titik dan juga perbaikan jembatan di Sungai Masukih.

Baca juga: Dinkes Gumas layani vaksinasi puluhan tahanan

Lebih lanjut, dalam waktu dekat dia juga akan melakukan kunjungan kerja di wilayah Rungan Manuhing, guna melihat beberapa ruas jalan kabupaten yang perlu segera ditangani dengan memaksimalkan peran PBS.

“Saya tahu juga, misalnya saja ruas jalan di Desa Tumbang Bahanei menuju Desa Tumbang Langgah di Kecamatan Rungan Barat yang jalannya perlu segera ditangani, dan beberapa ruas jalan di wilayah Rungan Manuhing yang harus segera ditangani,” bebernya.

Dia menyebut, dalam upaya pembangunan di kabupaten bermoto Habangkalan Penyang Karuhei Tatau diperlukan dukungan dari seluruh pihak, terlebih di tengah terjadinya pandemi COVID-19 seperti saat ini.

“Jika pemkab hanya mengandalkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tidak bisa. Kita perlu peran dari perusahaan dan juga masyarakat, untuk memperlancar pembangunan di Gumas,” demikian Jaya.

Baca juga: Pdt. Simpon F. Lion jadi perempuan pertama pimpin GKE

Baca juga: DPRD Gumas minta PLN gencar sosialisasikan program pemasangan tiang listrik

Baca juga: Kejari Gunung Mas musnahkan ribuan bungkus rokok dengan cukai palsu