Dinkes Gumas layani vaksinasi puluhan tahanan

id Polres gumas, gunung mas, kuala kurun, vaksinasi, vaksinasi tahanan, dinkes gumas, dinas kesehatan, kalteng

Dinkes Gumas layani vaksinasi puluhan tahanan

Seorang tahanan mendapat layanan vaksinasi COVID-19 dari tenaga kesehatan, di Rutan Polres Gumas, Kamis (8/7/2021). (ANTARA/HO-Polres Gumas)

Kuala Kurun (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah bersama pusat kesehatan masyarakat memberi pelayanan vaksinasi COVID-19 kepada puluhan tahanan yang ada di Kepolisian Resor setempat.

Kepala Dinas Kesehatan Gumas Maria Efianti melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Nia Ernawati saat dihubungi dari Kuala Kurun, Sabtu, mengatakan, ada sekitar 20 tahanan yang telah divaksin COVID-19.

“Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 kepada tahanan dilakukan pada Kamis (8/7) lalu. Kami bekerja sama dengan Puskesmas Tampang Tumbang Anjir langsung melakukan pelayanan vaksinasi kesana,” ucap Nia.

Dia menjelaskan, pelayanan vaksinasi COVID-19 yang dilakukan kepada para tahanan merupakan tahap III yang menyasar warga usia 18 tahun ke atas.

Vaksinasi COVID-19 yang dilakukan kepada puluhan tahanan merupakan vaksinasi dosis pertama. Nantinya para tahanan tersebut akan kembali menjalani vaksinasi dosis kedua pada awal Agustus 2021 mendatang.

Lebih lanjut, Nia mengajak masyarakat di kabupaten bermoto Habangkalan Penyang Karuhei Tatau agar tidak ragu mengikuti vaksinasi COVID-19, karena vaksinasi sudah terbukti aman dan dinyatakan halal.

“Bagi yang sudah divaksin hendaknya tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan," pintanya.

Prokes dimaksud seperti mengenakan masker saat keluar rumah, rajin mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, serta mengurangi mobilitas.

Terpisah, Kapolres Gumas AKBP Rudi Asriman melalui Kepala Satuan Tahanan dan Barang Bukti Iptu Joko Sumitro mengatakan, vaksinasi kepada tahanan bertujuan untuk menyukseskan percepatan program vaksinasi, serta menekan laju penyebaran COVID-19.

Selain itu, sambung dia, vaksinasi COVID-19 juga merupakan wujud rasa kemanusiaan terhadap para tahanan, agar mereka terhindar dari paparan virus berbahaya tersebut.

“Kami juga rutin melakukan penyemprotan desinfektan seluruh ruang tahanan dan selalu mensosialisasikan kepada tahanan agar menjaga kesehatan serta kebersihan ruangan,” jelasnya.