DPRD Barsel apresiasi PDAM terus berinovasi tingkatkan pelayanan

id Dprd barsel, buntok, putri siti rochmawati, demokrat, pdam barsel, inovasi pdam, air bersih, kalteng

DPRD Barsel apresiasi PDAM terus berinovasi tingkatkan pelayanan

Anggota DPRD Barito Selatan, Putri Siti Rochmawati. (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Buntok (ANTARA) - DPRD Barito Selatan, Kalimantan Tengah mengapresiasi dan mendukung langkah Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Barito yang terus melakukan inovasi untuk meningkatkan pelayanan.

Anggota DPRD Barito Selatan, Putri Siti Rochmawati saat dihubungi di Buntok, Jumat, mengatakan, salah satu inovasi tersebut seperti pembayaran tagihan air melalui SMS banking dan internet banking.

"Langkah yang dilakukan ini tentu mempermudah pelayanan kepada pelanggan dalam membayar tagihan pemakaian air," katanya.

Adanya inovasi ini, maka pelanggan tak repot lagi dalam membayar tagihan, karena bisa dibayar melalui SMS banking atau internet banking. Begitu juga inovasi PDAM pembacaan meter air di rumah pelanggan PDAM dengan menggunakan sistem android.

"Melalui sistem ini, pencatatan dengan mengambil foto angka kubikasi pemakaian air bersih pada meter air pelanggan, datanya lebih akurat," kata politisi dari Partai Demokrat itu.

Dengan demikian, maka apabila ada komplain dari pelanggan terkait dengan pembayaran tarif tagihan, data berupa foto yang lengkap dengan koordinatnya juga dapat dijadikan sebagai bukti.

Selain itu ia juga meminta kepada PDAM terus berinovasi dan meningkatkan mutu pelayanan, sehingga pelayanan air bersih kepada pelanggan akan maksimal sesuai harapan.

Sementara Direktur PDAM Titra Barito, Rona Cipta sebelumnya mengatakan, pihaknya sudah menjalin kerja sama dengan perbankan dalam upaya mempermudah pelanggan dalam membayar tagihan air secara daring atau online.

"Kerja sama sistem pembayaran online tersebut sedang berjalan dan sudah dalam tahap akhir,," ungkapnya.

Ia mengatakan, setelah mendapat persetujuan dari perbankan wilayah pusat, pembayaran tagihan air PDAM Barito Selatan bisa dilakukan secara online.

"Setelah mendapat persetujuan, pembayaran secara online bisa dilakukan pelanggan paling lambat pada Agustus 2021 mendatang," ucap Rona Cipta.

Dengan adanya kerja sama ini kata dia, pelanggan PDAM Tirta Barito bisa membayar tagihan airnya melalui SMS banking ataupun melalui internet banking.

Pihaknya juga akan menjalin kerja sama dengan kantor pos, karena mereka sudah menawarkan untuk menjalin kerja sama mengenai pembayaran tagihan air ini.

Rona Cipta menambahkan, untuk pembacaan meter air di rumah pelanggan PDAM, pihaknya juga sudah menggunakan sistem android.

"Petugas yang melakukan pencatatan dengan mengambil foto angka kubikasi pemakaian air bersih pada meter air di tempat pelanggan dan hasil foto dimasukkan ke dalam sistem data," jelasnya.