Kapolda Kalteng: Bintara baru dibentuk jadi SDM unggul

id Kapolda Kalimantan Tengah, Irjen Pol Dedi Prasetyo, Kapolda Kalteng, Polda Kalimantan Tengah, Kalimantan Tengah, Polda, polisi, Kalteng , Kalteng

Kapolda Kalteng: Bintara baru dibentuk jadi SDM unggul

Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo melakukan pengecekan terhadap peserta didik Bintara Polri baru yang mengikuti pendidikan di SPN Tjilik Riwut polda setempat, Senin (26/7/2021). ANTARA/HO-Humas Polda Kalteng

Palangka Raya (ANTARA) - Kapolda Kalimantan Tengah Irjen Pol Dedi Prasetyo menegaskan bahwa pihaknya akan mendidik ratusan Bintara yang baru dilantik, menjadi sumber daya manusia unggul, lebih kompetitif, kreatif serta inovatif.

Penegasan itu disampaikan Dedi saat membuka secara langsung upacara pembukaan pembentukan Bintara Polri Tahun Anggaran 2021 di Lapangan Sekolah Polisi Negara (SPN) Tjilik Riwut Polda Kalteng, Senin.

"Polri adalah alat dan kekuatan utama yang lebih unggul, sehingga dalam menjalankan tugas-tugasnya harus terus mengayomi masyarakat," tambahnya.

Dikatakan, pendidikan menjadi aspek yang penting dalam pembangunan SDM Polri serta kualitas pendidikan sangat ditentukan oleh para guru, gadik, instruktur dan pengasuh menjadi kunci utama keberhasilan dalam pendidikan. Untuk itu, Kapolda Kalteng mengingatkan seluruh bintara yang baru, agar mengikuti pendidikan dan pembentukan selama lima bulan dengan baik serta optimal.

Dedi mengatakan dalam lima bulan tentunya peserta didik diminta untuk mentaati seluruh kegiatan yang dilaksanakan oleh instruktur, gadik serta guru mereka yang mengajar, sehingga nantinya menjadi anggota Polri yang bermartabat dan selalu mengedepankan kode etik kepolisian saat bertugas.

"Semoga apa yang saya harapkan bisa berjalan sesuai dengan keinginan kita bersama serta untuk kebaikan Polri ke depan," ucapnya.

Baca juga: Patroli PPKM, Polres Barsel berikan tali asih kepada sejumlah pedagang

Kabid Humas Polda Kalteng Kombes Pol Kismanto Eko Saputro menambahkan, Kapolda juga menyampaikan delapan program prioritas transformasi pendidikan Polri yaitu mewujudkan kampus yang sehat, mewujudkan kampus yang aman, mewujudkan kampus yang sebagai pusat keunggulan, mewujudkan kampus tempat favorit dan prestasi.

"Selanjutnya membangun kampus dengan kurikulum kekinian dan menjawab tantangan tugas, membangun kampus dengan struktur kuat, membangun kampus kebangsaan serta mewujudkan pendidikan tinggi ilmu kepolisian yang inklusif untuk umat manusia," tambah Eko.

Perlu diketahui bahwa total peserta pendidikan yang akan menjalani pendidikan dan pembentukan Bintara Polri Tahun Anggaran 2021, sebanyak 340 dengan rincian 265 dari Polda Kalteng dan 75 dari Polda Papua. Selanjutnya, dalam kegiatan tersebut juga diakhiri dengan penanaman pohon oleh Kapolda Kalteng dan seluruh pejabat utama Polda setempat yang bertempat di lingkungan SPN Tjilik Riwut.

Hal tersebut dilakukan agar lokasi SPN Tjilik Riwut ke depan juga asri dan dingin dengan adanya pepohonan yang tumbuh di lokasi setempat.

Baca juga: Wakapolda Kalteng bagikan bansos kepada warga isoman

Baca juga: Polda Kalteng gelar vaksinasi 'drive thru'