Bupati Lamandau dorong masyarakat tingkatkan kecakapan digital

id Pemkab lamandau, lamandau, nanga bulik, bupati lamandau, hendra lesmana, indonesia makin cakap digital, gerakan nasional literasi digital, siber kreas

Bupati Lamandau dorong masyarakat tingkatkan kecakapan digital

Bupati Lamandau Hendra Lesmana dalam Webinar Indonesia Makin Cakap Digital, Nanga Bulik, Rabu, (4/8/2021). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Bupati Lamandau, Kalimantan Tengah Hendra Lesmana mendorong masyarakat di kabupaten setempat meningkatkan kecakapan digital melalui rangkaian kegiatan literasi digital dalam Program Indonesia Makin Cakap Digital.

Masyarakat diharapkan mengikuti rangkaian kegiatan literasi digital yang dicanangkan pemerintah pusat tersebut untuk meningkatkan kemampuannya terhadap digitalisasi, katanya di Nanga Bulik, Rabu.

"Gerakan nasional literasi digital memberikan banyak dampak positif yang sudah seharusnya bisa dimanfaatkan masyarakat," katanya dalam kegiatan webinar Indonesia Makin Cakap Digital.

Apabila masyarakat semakin cakap digital maka akan membuat mereka mampu memanfaatkan berbagai peluang yang tersedia di era digital saat ini.

Terlebih di masa pandemi COVID-19 berbagai aktivitas mulai mengalami peralihan, yakni sebagian besar sudah memanfaatkan digitalisasi.

Seperti aktivitas belajar dan mengajar, kegiatan bisnis, transaksi jual beli dan berbagai hal lainnya. Maka dari itu, kecakapan digital sangatlah penting baik di masa pandemi maupun menghadapi era digital.

Hendra pun bersyukur dengan adanya kegiatan tersebut, sebab peningkatan literasi digital kepada masyarakat khususnya di wilayah Lamandau sangat diperlukan untuk bisa mengikuti serta mengimbangi perkembangan saat ini.

"Saya mewakili pemerintah daerah dan masyarakat tentu mendukung kegiatan dan program yang dikerjakan secara kolaborasi ini," tegasnya.

Ia pun mendorong agar masyarakat Lamandau bisa menambah kecakapan digital dengan memanfaatkan kegiatan yang diselenggarakan tersebut.

Hingga pada akhirnya bisa digunakan dan diterapkan untuk membantu meningkatkan perekonomian maupun pelaksanaan kegiatan pembangunan.

Hendra juga tak henti-hentinya mengingatkan masyarakat agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, serta menjauhi kerumunan.

Adapun dalam webinar kali ini, sejumlah narasumber yang berbagi pengalaman dan pengetahuannya, diantaranya conten creator Steve Pattinama yang membahas tentang budaya digital, Dosen Politeknik Lamandau Faizal Widya Nugraha membahas tentang kecakapan digital, serta beberapa lainnya.