Bupati Lamandau dorong peningkatan kesadaran lingkungan masyarakat

id Pemkab lamandau, bupati lamandau, hendra lesmana, sampah, lingkungan, tps 3r, kalteng, nanga bulik

Bupati Lamandau dorong peningkatan kesadaran lingkungan masyarakat

Bupati Lamandau Hendra Lesmana. (ANTARA/HO-Pemkab Lamandau)

Nanga Bulik (ANTARA) - Bupati Lamandau, Kalimantan Tengah Hendra Lesmana mendorong agar masyarakat di wilayah setempat dapat meningkatkan kesadaran terhadap lingkungan sekitarnya.

"Maka kami imbau agar adanya sosialisasi kepada warga untuk sadar dengan lingkungan sekitarnya," katanya saat dihubungi dari Nanga Bulik, Rabu.

Adapun pada Senin (27/9) lalu pihaknya telah meresmikan gedung tempat pengelolaan sampah (TPS) 3R Kelampai Asri di Desa Bumi Agung Kecamatan Bulik. 3R yakni reuse, reduce dan recycle.

TPS 3R itu dibangun oleh Balai Sarana Permukiman Wilayah Kalimantan Tengah bersama Pemkab Lamandau melalui Dinas Lingkungan Hidup menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Kami harapkan bangunan TPS 3R dapat dikelola dengan serta dipelihara dengan baik, sehingga tujuan dibangunnya sarana ini bisa tercapai," paparnya.

Diharapkan keberadaan TPS 3R tersebut membantu mengoptimalkan penanganan dan pengelolaan sampah di daerah setempat.

Lebih lanjut disampaikannya, selama ini masing-masing wilayah memiliki kendala sendiri menghadapi perngolahan sampah, sehingga dengan adanya kerja sama dari semua pihak telah dibuktikan sampah merupakan tanggung jawab bersama.

Untuk mengatasi permasalahan sampah, selain dengan melengkapi sarana dan prasarana yang dimiliki, juga sudah seharusnya didukung kesadaran semua pihak dalam menjaga lingkungan sekitarnya.