Sekda Lamandau ingatkan pentingnya peningkatan kinerja guru

id Pemkab lamandau, lamandau, nanga bulik, sekda lamandau, irwansyah, kalteng

Sekda Lamandau ingatkan pentingnya peningkatan kinerja guru

Sekda Lamandau Irwansyah. (ANTARA/Ho-Pemkab Lamandau)

Nanga Bulik (ANTARA) - Sekretaris Daerah Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah Irwansyah mengatakan, peningkatan kinerja guru memiliki kedudukan yang penting dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran.

"Hingga nantinya berdampak pada mutu lulusan maupun memengaruhi pencapaian tujuan pendidikan nasional," katanya di Nanga Bulik, Jumat.

Hal itu Irwansyah sampaikan saat membuka sosialisasi strategi optimalisasi kinerja pendidik dan tenaga kependidikan, sekaligus penandatanganan nota kesepahaman antara Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dengan pemerintah desa se-Kecamatan Bulik.

Ia mengingatkan kinerja guru tak terwujud begitu saja, namun dipengaruhi ragam faktor yang menentukan, baik yang sifatnya internal maupun eksternal.

"Pemda terus mengupayakan berbagai hal untuk mendongkrak maupun meningkatkan kompetensi guru agar memiliki kinerja yang baik," jelasnya.

Hal ini dilakukan sebab guru merupakan penentu dalam sistem pendidikan secara keseluruhan yang perlu mendapat perhatian sentral, pertama dan utama.

"Guru merupakan ujung tombak yang sangat menentukan dalam sistem pendidikan," papar Sekda Lamandau.

Sementara dilaksanakannya sosialisasi strategi optimalisasi kinerja pendidik dan tenaga kependidikan tersebut bertujuan untuk meningkatkan standar satuan pendidikan.

Selain dihadiri sejumlah kepala organisasi perangkat daerah, kegiatan ini juga dihadiri camat, pemerintah desa maupun kepala sekolah se-Kecamatan Bulik.