Pemkab Lamandau terima Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya

id Pemkab lamandau, bupati lamandau, hendra lesmana, nanga bulik, anugerah parahita ekapraya, kalteng, kesetaraan gender, perlindungan anak, pemberdayaan

Pemkab Lamandau terima Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya

Bupati Lamandau Hendra Lesmana menunjukkan penghargaan yang diberikan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Nanga Bulik, Rabu, (13/10/2021). (ANTARA/Ho-Pemkab Lamandau)

Nanga Bulik (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah menerima Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya tahun 2020 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

"Alhamdulillah Lamandau menerima Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya tingkat pratama tahun 2020," kata Bupati Lamandau Hendra Lesmana di Nanga Bulik, Rabu.

Pihaknya mengapresiasi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak yang telah menginisiasi kegiatan tersebut sebagai salah satu bentuk nyata penghargaan bagi pencapaian kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan, serta perlindungan anak di daerah.

"Capaian ini harus bisa dipertahankan dan kami harus menjadi lebih baik lagi," ungkapnya.

Dijelaskannya, pencapaian ini sebagai keberhasilan Lamandau yang berkomitmen melaksanakan percepatan pengarusutamaan gender sesuai amanat presiden, yakni sebagai strategi mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender.

Lebih lanjut disampaikannya, diharapkan upaya bersama dalam mewujudkan keadilan bagi SDM perempuan yang memiliki potensi di berbagai bidang pembangunan terealisasi secara maksimal.

Sementara itu, Kepala Dinas P3AP2KB Lamandau Friaraiyatini menjelaskan, ada sejumlah komponen yang menjadi indikator penilaian untuk Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya, meliputi komitmen, kebijakan, kelembagaan, SDM dan anggaran, alat analisis gender, data gender, hingga partisipasi masyarakat.

"Lamandau dinilai mencapai dan memenuhi komponen tersebut, sehingga mendapatkan apresiasi berupa Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya dari kementerian," terangnya.