Fakta menarik dari sang juara dunia baru MotoGP

id fabio quartararo,pebalap prancis,juara dunia,motogp

Fakta menarik dari sang juara dunia baru MotoGP

Pebalap tim Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo melakuan selebrasi setelah mengunci gelar juara dunia di Sirkuit Misano, Italia. (24/10/2021) (ANTARA/AFP/Andreas Solaro)

Jakarta (ANTARA) - Fabio Quartararo menjadi pebalap Prancis pertama yang memenangi kejuaraan dunia MotoGP setelah ia finis peringkat empat di Grand Prix Emilia Romagna pada Minggu ketika rival terdekatnya, Francesco Bagnaia terjatuh.

Polesitter Bagnaia memimpin balapan di kandang Ducati itu sedari start namun dengan lima lap tersisa ia terjatuh, menyerahkan kemenangan ke Marc Marquez dan gelar juara dunia ke Quartararo, yang raihan poinnya tak terkejar lagi dengan dua balapan tersisa.

"Saya tak bisa mempercayai ini," kata Quartararo berlinang air mata setelah lomba.

"Sekarang saya mewujudkan mimpi saya. Terasa menyenangkan ada keluarga saya di sini dan kami akan menikmati malam ini hingga akhir musim."

Baca juga: Pangeran baru di MotoGP rebut mahkota juara dunia

Kemenangan Quartararo itu mengakhiri hampir satu dekade dominasi pebalap Spanyol, setelah Marc Marquez (enam titel), Jorge Lorenzo (2012 dan 2015), dan Joan Mir (2020) memenangi sembilan gelar juara dunia sebelumnya.

Pebalap Australia Casey Stoner merupakan pebalap non-Spanyol terakhir yang merebut titel ketika ia mendominasi musim 2011 bersama Honda.

Dilansir laman resmi MotoGP, Quartararo, sementara itu, memulai membalap di usia empat tahun, dimanajeri oleh Jean Phillipe Henry dan sang ayah Etienne, yang juga merupakan mantan juara dunia asal Prancis di kelas 125cc.

Ayah Quartararo adalah seorang tukang kunci, sedangkan sang ibunda berprofesi sebagai penata rambut. Quartararo saat ini tinggal di Andorra.

Pebalap berjuluk El Diablo itu adalah sosok yang populer di dunia balap, berteman baik dengan pebalap F1 Daniel Ricciardo, Pierre Gasly, dan Esteban Ocon.



Di luar trek, Quartararo mengidolakan superstar reggaeton J Balvin, sang penyanyi asal Kolombia sebaliknya juga merupakan fan sang pebalap Yamaha. Keduanya saling follow di Instagram.

Quartararo memiliki teman terdekat bernama Thomas Maubant, keduanya bertemu di pantai di masa kecil. Mereka kini bekerja bersama di paddock MotoGP.

Quartararo juga seorang yang melek fashion. Sang pebalap Prancis pernah menjadi model untuk Dolce & Gabbana di masa senggangnya.

Selain menjadi model di waktu luang, Quartararo juga gemar bermain golf.

Nama El Diablo yang ia pakai di trek terinspirasi dari replika helm Roberto Locatelli yang dihiasi stiker bergambar iblis.

Quartararo juga doyan menyantap burger setelah menyelesaikan akhir pekan balapan yang sibuk di paddock.