Pemkab Gumas telah salurkan bantuan benih ikan kepada belasan pokdakan

id Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah,Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan,Pemkab Gumas telah salurkan bantuan benih ikan kepada belasan

Pemkab Gumas telah salurkan bantuan benih ikan kepada belasan pokdakan

Bupati Gumas Jaya S Monong bersama Kepala DPKP Gumas Hansli Gonak dan lainnya saat melepas bantuan benih ikan kepada pokdakan di Desa Bereng Jun, Kecamatan Manuhing, Senin (25/10/2021). (ANTARA/HO-Diskominfosantik Gumas)

Kuala Kurun (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah melalui Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan telah menyalurkan bantuan benih dan pakan ikan kepada belasan kelompok pembudidaya ikan di wilayah setempat.

Bupati Gumas Jaya S Monong di Kuala Kurun, Selasa, mengatakan bahwa bantuan benih dan pakan ikan tersebut merupakan upaya untuk menyukseskan program unggulan pemkab yakni Smart Agro.

“Saya berharap kepada seluruh pokdakan agar lebih tekun, ulet dan serius dalam mengembangkan usaha budidaya ikan,” ucap orang nomor satu di kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’ ini.

Suami dari Mimie Mariatie ini juga meminta untuk pokdakan agar terus meningkatkan keterampilan melalui pelatihan usaha budidaya perikanan, supaya mereka mampu menjadi pembudidaya ikan yang handal, sukses, dan mandiri.

Baca juga: Bupati Gumas: Pendirian BUMDes harus sesuai potensi desa

Menurut dia, peluang usaha di bidang ini masih terbuka lebar, mengingat untuk memenuhi kebutuhan terhadap ikan Gumas masih mendatangkan dari daerah luar. Untuk itu, dia meminta pokdakan benar-benar mengembangkan bantuan yang telah diterima.

Kepala DPKP Gumas Hansli Gonak mengatakan, sepanjang tahun 2021, pemkab telah menyalurkan bantuan benih dan pakan ikan kepada 198 pokdakan yang tersebar di sejumlah kecamatan di wilayah setempat.

Bantuan tersebut, sambung mantan Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Gumas ini, berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK), Dana Alokasi Umum (DAU), dan Dana Aspirasi DPRD Gumas.

Dia menjelaskan, bantuan benih ikan yang disalurkan berjumlah 252.720 ekor dengan rincian benih lele sebanyak 86.300 ekor, patin 46.000 ekor, nila 43.000 ekor, gurame 77.420 ekor.

Dia menyebut, untuk pakan yang disalurkan secara keseluruhan berjumlah 27.137 kilogram, dengan rincian pakan benih 5.228 kg, pakan lanjutan size 1 sebanyak 20.109 kg, dan pakan lanjutan size 2 sebanyak 1.800 kg.

“Semoga bantuan benih dan pakan yang telah disalurkan dapat dikembangbiakkan. Paling tidak untuk menjaga ketahanan pangan keluarga, namun lebih baik lagi jika bisa menjadi pemasukan,” demikian Hansli.

Baca juga: Legislator Gumas berharap damang baru selalu jalin koordinasi

Baca juga: Pembangunan gereja pertama di Desa Jalemu Masulan Gumas dimulai

Baca juga: Legislator Gumas minta calon kades taati prokes saat kampanye