DPRD minta Pemkot Palangka Raya perhatikan sektor pertanian

id Dprd palangka raya, heri purwanto, pertanian, pertanian palangka raya, petani, perekonomian, kalteng

DPRD minta Pemkot Palangka Raya perhatikan sektor pertanian

Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Heri Purwanto. (ANTARA/Adi Wibowo)

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota Komisi B DPRD Palangka Raya, Kalimantan Tengah Heri Purwanto meminta pemerintah kota setempat memerhatikan sektor pertanian.

"Bagi instansi teknis terkait tentunya bisa memerhatikan para petani kita, melalui peranan aktif penyuluh pertanian, sehingga petani akan berkembang dengan baik," kata Heri Purwanto di Palangka Raya, Senin.

Menurut Politisi Partai Hanura itu, hasil pertanian di kota setempat sebenarnya memiliki potensi yang cukup bagus, terutama di sektor pertanian buah dan sayur yang berada di dua lokasi.

Lokasi pertama Kelurahan Kalampangan dan kedua Kelurahan Tangkiling. Dua daerah tersebut tentunya bisa dicanangkan sebagai daerah khusus pertanian.

"Apalagi ketika benar-benar dikelola serta diperhatikan secara baik oleh pemerintah daerah. Hal tersebut tentunya harus mendapat dukungan khusus oleh instansi teknis," ucapnya.

Wakil rakyat yang tergabung di Komisi B membidangi perekonomian dan pembangunan ini memiliki harapan besar, pertanian di daerah setempat bisa maju ke depannya.

Karena, lahan pertanian di wilayah ibu kota provinsi setempat cukup banyak dan wajib dikembangkan, sehingga setiap daerah menghasilkan pertanian yang dapat mendukung ketahanan pangan masyarakat.

"Pertanian adalah salah satu faktor yang harus diperhatikan karena pengaruh besar sebagai pendongkrak perekonomian, buktinya hampir setiap hari masyarakat berbelanja sayur mayur di pasar untuk kebutuhan sehari-hari," tandasnya.

Sementara itu, berdasarkan informasi yang dihimpun di lapangan sayur mayur yang ada di pasar tradisional Kota Palangka Raya tidak semua berasal dari daerah setempat. Melainkan masih ketergantungan dari daerah luar, baik itu cabai, kentang, sawi serta beberapa komoditas lainnya.