Bupati Lamandau sebut Festival Babukung sebagai upaya pelestarian seni budaya

id Pemkab lamandau, bupati lamandau, hendra lesmana, nanga bulik, festival babukung, kalteng

Bupati Lamandau sebut Festival Babukung sebagai upaya pelestarian seni budaya

Bupati Lamandau Hendra Lesmana. (ANTARA/Ho-Pemkab Lamandau)

Nanga Bulik (ANTARA) - Bupati Lamandau, Kalimantan Tengah Hendra Lesmana mengatakan, Festival Babukung menjadi salah satu upaya pelestarian seni budaya di wilayah setempat.

"Festival ini juga sebagai sarana memperkenalkan seni budaya setempat kepada masyarakat luas," katanya di Nanga Bulik, Selasa.

Hal ini Hendra Lesmana sampaikan saat membuka Ekspresi Babukung virtual tahun 2021 desa/kelurahan se-Kecamatan Bulik dan Delang.

Disampaikannya, kegiatan ini menjadi kebanggaan masyarakat Lamandau, yakni saling bersinergi bersama pemerintah daerah yang memadukan semangat persatuan dan kesatuan, kerja keras, serta kearifan budaya lokal.

Selain itu, dikatakannya, juga sebagai potensi daerah dan produktivitas dalam roda pembangunan daerah yang berkelanjutan.

"Pemilihan lokasi kegiatan di Pasar Induk dalam upaya menumbuhkan serta mendukung usaha mikro, kecil dan menengah dari dampak pandemi COVID-19," terangnya.

Pihaknya berharap melalui kegiatan ini ekonomi masyarakat akan semakin tergerak, khususnya pelaku UMKM di sekitar lokasi kegiatan.

"Kita harapkan dengan kegiatan ini sendi-sendi perekonomian bisa kembali menggeliat," ungkapnya.