BLU diharapkan berkontribusi signifikan untuk pulihkan ekonomi

id Presiden Jokowi,BLU,BLU Expo,Jokowi,pemulihan ekonomi,BLU diharapkan berkontribusi signifikan untuk pulihkan ekonomi

BLU diharapkan berkontribusi signifikan untuk pulihkan ekonomi

Tangkapan layar - Presiden Jokowi saat memberikan sambutan secara daring BLU Expo di Jakarta, Selasa (16/10/2021). ANTARA/Indra Arief/aa.

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengharapkan badan layanan umum (BLU), yang dimiliki kementerian dan lembaga negara dengan total aset Rp888 triliun, memberikan kontribusi signifikan untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

"Harapan saya kepada BLU dengan total 252 BLU, jumlah yang sangat besar dan berada di 21 K/L (kementerian/lembaga) dengan aset kelolaan sebesar Rp888 triliun dan total pendapatan Rp96 triliun, BLU bisa memberikan kontribusi signifikan pada pemulihan ekonomi nasional," kata Presiden Jokowi dalam rekaman pernyataannya yang disiarkan di BLU Expo di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Presiden Jokowi agendakan lantik Panglima TNI Andika Perkasa pada Rabu

BLU adalah instansi di lingkungan pemerintah yang dibentuk untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat berupa penyediaan barang atau jasa yang dijual tanpa mengutamakan keuntungan, dengan prinsip efisiensi dan produktivitas.

Presiden meminta agar BLU di semua sektor, baik itu kesehatan, pendidikan, pengelola dana, hingga UMKM agar dapat menerjemahkan perannya dengan baik untuk memulihkan ekonomi masyarakat.

Baca juga: Jokowi beri hadiah noken Papua kepada Menlu Selandia Baru

Selain itu, kata Presiden, meskipun di tengah pandemi COVID-19, BLU harus terus berpartisipasi dalam reformasi struktural, yang bermuara terhadap peningkatan pelayanan ke masyarakat.

"Untuk layanan kesehatan, BLU harus dapat menjamin kualitas layanan kesehatan yang profesional dan merata dan terstandardisasi di seluruh Tanah Air, sehingga masyarakat dapat mengakses layanan dengan kualitas terbaik di RS terdekat dan menghadirkan layanan unggulan," ujarnya.

"Untuk layanan pendidikan, BLU sigap merespons perkembangan teknologi mutakhir, menyiapkan SDM unggul dalam menghadapi dunia yang serba digital dan sejalan dengan kebutuhan industri," ujar Presiden Jokowi menambahkan.

Baca juga: Jokowi minta kegiatan sekolah tatap muka diawasi secara ketat

Presiden berharap BLU Expo 2021 dapat menjadi ruang sinergi dan kolaborasi untuk berinovasi guna mempercepat pemulihan ekonomi.

"Meningkatkan layanan kepada masyarakat serta melakukan lompatan-lompatan kemajuan,"  ujar Presiden Jokowi.

Baca juga: Penutupan Peparnas, Jokowi puji kinerja tuan rumah Papua luar biasa

Baca juga: Jokowi tanam pohon bersama masyarakat NTB

Baca juga: Jokowi: Sirkuit Mandalika ciptakan sumber baru ekonomi NTB

Baca juga: Jokowi jajal Sirkuit Mandalika dengan motor balap modifikasi