Pemprov Kalteng apresiasi raihan medali para atlet di Peparnas XVI

id Pemprov kalteng, kadispora kalteng, falery tuwan, peparnas xvi, papua, jayapura, paralimpik, paralimpiade, kalteng

Pemprov Kalteng apresiasi raihan medali para atlet di Peparnas XVI

Kadispora Kalteng Falery Tuwan menyambut kedatangan para atlet yang mengikuti Peparnas XVI Papua tiba di Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya, Selasa, (16/11/2021). (ANTARA/Ho-MMC Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mengapresiasi raihan prestasi atlet paralimpik berupa sejumlah medali di ajang Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI.

Kedatangan para atlet Kalteng yang tergabung dalam Kontingen Peparnas XVI dari Papua ini pun, disambut langsung oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kalteng Falery Tuwan di Bandara Tjilik Riwut, Palangka Raya, Selasa.

"Kami mengapresiasi dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh kontingen yang berjuang dan mengharumkan nama daerah," jelasnya.

Adapun dalam Peparnas XVI yang penyelenggaraannya difokuskan di Kota Jayapura, Papua pada 2-16 November tersebut, Kontingen Kalteng berhasil meraih prestasi berupa medali 1 emas, 5 perak dan 5 perunggu.

Lebih lanjut Falery menyampaikan, pemerintah provinsi akan tetap konsisten memerhatikan perkembangan dari olahraga National Paralympic Committee atau 'NPC' ini.

"Kedepan kita berharap, beberapa fasilitas yang dibutuhkan seperti sarana prasarana untuk olahraga NPC bisa dikembangkan," ungkapnya.

Seperti halnya sarana untuk akses mereka ke tempat olahraga, terdiri dari akses jalan masuknya sesuai standar, termasuk juga untuk disabilitas. Fasilitas ini akan pihaknya kembangkan di beberapa fasilitas olahraga yang ada di Kalteng, termasuk NPC.

Untuk itu, ia meminta para atlet dan pengurus lainnya, bersama-sama terus berjuang. Atlet-atlet ini sudah memberikan motivasi untuk seluruh warga Kalteng, bahwa olahraga bisa dilakukan oleh siapa saja dan itu sangat baik untuk perkembangan kemandirian, disiplin, maupun mental.

Falery pun menyampaikan, atas nama pemerintah provinsi memberikan penghargaan yang tinggi kepada kontingen yang terdiri dari atlet maupun pelatih, official dan lainnya.

"Selamat datang kembali di Bumi Tambun Bungai ini. Sekali lagi pemerintah mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya," terangnya.