Teras ajak pemuda jaga dan implementasikan empat pilar kebangsaan

id Anggota DPD RI, Agustin Teras Narang, DPD RI, Teras Narang, Kalimantan Tengah, Kalteng, empat pilar kebangsaan, OKP di Kalteng

Teras ajak pemuda jaga dan implementasikan empat pilar kebangsaan

Anggota DPD RI Agustin Teras Narang saat melaksanakan sosialisasi empat pilar kebangsaan yang diikuti sejumlah organisasi kemahasiswaan dan kepemudaan di Kota Palangka Raya, Kamis (18/11/2021). ANTARA/HO-Tim Teras Narang

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota DPD RI Agustin Teras Narang mendorong sekaligus mengajak seluruh pemuda, terkhusus yang tergabung dalam organisasi kemahasiswaan dan kepemudaan di Provinsi Kalimantan Tengah, agar terus menjaga dan mengimplementasikan empat pilar kebangsaan di kehidupan sehari-hari.

Empat pilar ini sangat penting bagi keutuhan dan kemajuan negara ini di masa sekarang dan yang akan datang, kata Teras saat melaksanakan sosialisasi empat pilar kebangsaan di Palangka Raya, Kamis.

"Jadi, saya mengajak anak-anak ku, para kaum muda, untuk tetap semangat dan tak kenal lelah menjaga sekaligus mengimplementasikan empat pilar kebangsaan ini," ucapnya.

Adapun empat pilar kebangsaan yang dimaksud oleh Senator asal Kalimanatan Tengah itu yakni, Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika.

Gubernur Kalimantan Tengah periode 2005-2015 itu mengatakan, selain menjaga empat pilar kebangsaan, para kaum muda juga jangan puas hanya menjadi pengawal, tapi harus ikut berperan menjadi pemain dalam membangun bangsa dan negara Indonesia.

"Anak-anak ku semua, jangan hanya jadi pengawal, tetapi harus berani ikut dan menjadi pemain. Tunjukan bahwa para kamu muda mampu dan memiliki semangat juang yang tinggi memajukan negara ini," pesan Teras.

Baca juga: Teras: Festival Kampung Buntoi harus ikuti perkembangan budaya dunia

Dirinya juga berpesan kepada kaum muda, agar terus meningkatkan sumber daya manusia (SDM) dari sisi ilmu pengetahuan, informasi dan penguasaan teknologis. Sebab, hanya dengan begitu, para pemuda akan mampu mengimbangi perubahan kemajuan teknologi yang begitu cepat, dan bersaing di era revolusi industri 4.0.

"Berdirinya NKRI tidak didapat dengan mudah, tapi penuh darah dan perjuangan untuk lepas dari penjajah. Penggeraknya kala itu pun lebih banyak diisi oleh para pemuda. Ini harus menjadi motivasi generasi muda sekarang ini," demikian Teras.

Sosialisasi empat pilar kebangsaan yang dilaksanakan secara tatap muka dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat itu, diikuti oleh pengurus beserta anggota HMI, GMKI, KAMMI, PMKRI, GMNI, BEM UNKRIP, dan lainnya.

Baca juga: Kehebatan Suku Bangsa Dayak bukan karena satu orang, kata Teras Narang

Baca juga: Momen Sumpah Pemuda, Teras dorong pemuda berperan aktif perbaiki Negeri