Ini manfaat konsumsi bawang merah mentah

id bawang merah,bawang merah mentah,Ini manfaat konsumsi bawang merah mentah

Ini manfaat konsumsi bawang merah mentah

Ilustrasi bawang merah (ANTARA News/Shutterstock) (.)

Jakarta (ANTARA) - Bawang merah tidak hanya nikmat saat dicampur dalam sambal ulek atau renyah dalam bentuk bawang goreng. Bawang merah punya vitamin yang bisa dinikmati bila dimakan mentah. Bila dimasak, vitamin dan nutrisi penting dapat menghilang.

Inilah beberapa manfaat dari bawang merah mentah untuk kesehatan, seperti dikutip dari laman Bold Sky:

Mengatasi konstipasi. Serat dalam bawang merah mentah dapat melunturkan racun dan partikel keras makanan yang menempel pada usus.

Obat tenggorokan. Bila tenggorokan Anda sakit karena pilek dan batuk, minumlah jus bawang merah segar. Tambahkan madu atau gula merah pada jus.

Mengontrol diabetes. Bila dimakan mentah, bawang merah dapat meningkatkan produksi insulin.

Menjaga jantung. Konsumsi bawang merah mentah secara rutin dapat melindungi jantung dari penyakit koroner. Bawang merah mentah dapat mengontrol tekanan darah tinggi dan membuka arteri yang tertutup.

Mengontrol level kolesterol. Bawang merah mengurangi level kolesterol jahat karena memiliki sulfur asam amino dan methylallyl sulfida.

Mencegah berkembangnya sel kanker. Bawang merah mengandung senyawa belerang yang melindungi perut, kolon, dada, paru-paru, dan kanker prostat serta mencegah tumbuhnya sel kanker.

Anda dapat memakan bawang merah mentah dalam sandwich, salad sayuran, atau sebagai topping hamburger. Agar baunya tidak mengganggu, sikatlah gigi setelah memakan bawang merah mentah.

Baca juga: Mengenal manfaat dari kulit bawang

Baca juga: Benarkah konsumsi bawang putih langsung menyembuhkan COVID-19?

Baca juga: Benarkah bawang mentah dan garam bisa sembuhkan COVID-19?


 

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2021